Operasi Zebra Singgalang 2022, Kapolres Sijunjung : Laksanakan Operasi Zebra Dengan Humanis

TBNews Sumbar – Mulai hari ini tanggal 3 hingga 16 Oktober 2022, Polda Sumbar dan Polres sejajaran menggelar Operasi Zebra Singgalang 2022. Operasi tersebut mengedepankan fungsi lalu lintas.

Di Polres Sijunjung, Operasi Zebra Singgalang ditandai dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Operasi, Senin (3/10) pagi.

Tujuannya adalah terciptanya Kamseltibcarlantas, menekan dan mengungkap terjadinya kasus curanmor di Wilkum Polres Sijunjung.

Apel gelar pasukan dipimpin Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, S.Ik. MH.

Dalam amanatnya, Kapolres mengingatkan, agar petugas Operasi Zebra Singgalang melakukan operasinya penuh dengan humanis dalam upaya menciptakan Keamanan keselamatan ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Apel gelar pasukan itu diikuti pasukan anggota Polres, Satlantas, Reskrim, Dinas Perhubungan, Satpol PP juga dihadiri Polisi Meliter, Kepala Dinas Perhubungan, Kadis Pendidikan dan Kadis Kesehatan Kabupaten Sijunjung.

Lebih lanjut, Kapolres AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi menyampaikan, bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangun nasional.

Dalam upaya tercapainya tujuan Nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan membina dan menguatkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal,mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Diharapkan jangan terjadi ego sektoral dalam pelaksanaan operasi Zebra ini, disamping dua momen yang harus kita hadapi bersama, antara lain menciptakan Kamseltibcarlantas dan mengungkap kasus curanmor, juga harus kita berikan pengamanan maksimal agar masyarakat merasa aman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ditambahkan oleh Kapolres Lazuardi yang ramah kepada semua masyarakat yang baik dan sangat garang dan bengis kepada penjahat itu, mengingatkan kepada petugas operasi zebra, laksanakan deteksi dini, lidik dan petakan lokasi yang berpotensi terjadinya pelanggaran lalu lintas dan kemacetan.

Kapolres mengingatkan, untuk hindari sikap dan perilaku yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang dapat menyakitkan hati masyarakat dalam operasi, sehingga berdampak negatif turunnya kepercayaan masyarakat kepada Polri khususnya polisi lalulintas.

“Yang penting lakukan analisis dan evaluasi setiap selesai melaksanakan operasi agar operasi yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya berhasil lebih baik,” katanya.

“Berikan juga senyum dan sapa serta kata kata yang humanis kepada setiap pengendara yang menjadi obyek dalam operasi, sehingga membuat kesan positif bagi petugas Operasi,” sambungnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sijunjung AKP Zamrinaldi, SH didampingi Kasi Humas Polres Sijunjung AKP Nasrul Nurdin mengatakan, Operasi Zebra yang akan dilakukan saat ini penindakan tidak langsung diberikan bukti pelanggaran “tilang”, tetapi lebih banyak melakukan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) kepada masyarakat tentang pentingnya Kamseltibcarlantas bagi masyarakat terutama kepada generasi muda.

“Kita telah lakukan kegiatan sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker melalui media cetak, elektronik dan media sosial berkaitan dengan zebra Singgalang 2022 ini,” katanya.

“Seperti arahan Kapolres, dalam melaksanakan operasi ini agar mempedomani Standar Operasional Prosedur (SOP) seperti tercantum dalam Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2019 tentang sistem manejemen standar kebersilan operasional Kepolisian Negara RI serta Ketentuan Peraturan lainnya di bidang lalu lintas,” ujarnya menambahkan.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *