Pengangkatan PPPK terhadap PHL Polri tetap melalui Seleksi

TBNews Sumbar – Sejak satu bulan belakangan ini sejumlah tenaga honorer atau petugas harian lepas (PHL) di yang bekerja dilingkungan Polri khususnya di jajaran Polda Sumbar melaksanakan pendataan dengan mengumpulkan berkas di Biro SDM Polda Sumbar.

Terkait hal tersebut, arahan dari Kabagrimdik PNS menyampaikan bahwa perlu dilakukan pengawasan dan kewaspadaan terkait pendataan Pegawai Non ASN atau Tenaga Honorer/PHL Polri.

Terdapat dua point dalam arahannya, yakni:
1. Adanya orang atau oknum yang memberikan isu bahwa pendataan PHL untuk diangkat langsung menjadi PNS Polri.

2. Adanya orang atau oknum yang mengatasnamakan Anggota Polri/PNS Polri atau orang BKN Pusat yang mencari kesempatan dan keuntungan dengan dalih bisa memasukan ke dalam database BKN yang bisa langsung diangkat menjadi PNS dengan meminta/memberikan sejumlah uang yang cukup banyak jumlahnya.

Terkait dua hal tersebut, perlu dipahami bahwa pendataan PHL bukan langsung untuk diangkat menjadi CPNS Polri, tapi hanya bersifat pendataan saja yang akan digunakan untuk pemetaan terkait jumlah PHL, tingkat pendidikan, jenis tugas dan usianya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan Pemerintah bahwa setiap orang yang akan diangkat menjadi CPNS ataupun PPPK, dilaksanakan melalui Tahapan Seleksi (Tes/Ujian).(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *