Pantau PMK, Kapolsek Sijunjung kunjungi peternak di Nagari Pematang Panjang

TBNews Sumbar – Masih dalam mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK), Kapolsek Sijunjung AKP Usman Nurwidi, SH bersama Bhabinkamtibmas Nagari Pematang Panjang, Aipda Yuskendra berkunjung ke Nagari Pematang Panjang.

Kunjungannya yang juga didampingi Burman Idrus, Kepala Jorong Limau Sundai dan Herianto, Kepala Jorong Sitampuang Nagari Pematang Panjang tersebut, untuk memantau pemilik peternak sembari memberikan imbauan kepada mereka, Sabtu (6/8).

“Kami mengimbau dan memberikan informasi kepada masyarakat bahwa besok ada alek (pesta) Nagari berupa buru babi,” kata AKP Usman Nurwidi.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak untuk dapat memasukkan hewan-hewannya ke dalam kandang agar tidak menjadi sasaran dari anjing yang tengah memburu babi.

Selain itu, saat mengunjungi Nagari Pematang Panjang ini, diketahui terdapat puluhan ekor hewan ternak berupa sapi dan kerbau yang terjangkit PMK.

“Hasil pemantauan dilapangan pemilik ternak Arlius Ardi di Nagari Pematang Panjang memiliki ternak kerbau sebanyak 59 ekor dengan kondisi kerbau hampir seluruhnya terjangkit wabah PMK, sebagian besar sudah bisa berjalan dalam kondisi pincang dan 4 ekor dalam kondisi lumpuh,” kata Kapolsek Sijunjung.

Sedangkan laporan pemilik Syapri di Pematang Panjang, sebut Kapolsek juga terdapat 3 ekor sapinya juga dengan kondisi lumpuh dan mulut berbusa.

“Ada juga hewan ternak sudah bisa berdiri (pulih) namun tidak bisa menginjak permukaan yang keras dan tidak bisa berjalan jauh,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada umumnya masyarakat peternak kerbau dan sapi tidak keberatan adanya acara alek buru babi. Namun pada saat ini, mereka tidak bisa mengungsikan ternak mereka ketempat aman, karena kondisi ternak yang tidak bisa dihalau berjalan dalam jarak jauh terutama yang dalam kondisi lumpuh.

“Kepada masyarakat juga telah diberikan himbauan untuk tetap menjaga dan mengamankan hewan ternaknya,” pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *