Kapolres Sijunjung Ikuti Tanam Jagung Perdana Food Estate Kodim 0310/SS di Kamang

TBNews Sumbar – Penanaman Tanam Jagung Perdana Food Estate Kodim 0310/SS TA 2022 dalam mewujudkan ketahanan pangan Indonesia digelar pada hari Senin (25/7) pagi di Jorong Simpang Kamang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi bersama Komandan Distrik Militer 0310/SS Letkol Inf. Endik Hendra Sandi mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu turut hadir anggota DPRD Kabupaten Sijunjung dari Partai PPP Mukhlis sekaligus pemilik lokasi tanam jagung yang tergabung dalam Kelompok Tani Mandiri Jaya.

“Selamat datang di lokasi tanam jagung dalam rangka mendukung program pemerintah terkait Food Estate,” ujar Mukhlis dalam sambutannya pada pembukaan acara. Pihaknya juga memperkenalkan Kelompok Tani Mandiri Jaya dan undangan yang hadir di lokasi sekaligus menyampaikan persiapan lahan tanam jagung oleh personil Babinsa dan didampingi oleh penyuluh pertanian.

Sementara itu sambutan dari Dandim 0310/SS menyampaikan bahwa program tanaman pangan sebelumnya sudah berlangsung namun pada saat pandemi Covid-19, kegiatan tersebut terhenti karena kegiatan penanggulangan Covid-19.

“Kegiatan tanam pangan kembali dilaksanakan sesuai arahan KSAD Jendral Dudung untuk mewujudkan program pemerintah mewujudkan Food Estate dan ketahanan pangan,” ujar Dandim.

Selanjutnya ia mengucapkan terima kasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang dapat saling bersinergi dengan baik di lapangan. “Tantangan kebutuhan pangan akhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan seperti imbas perang antara Rusia dan Ukraina,” lanjutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan bibitjagung dari perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung kepada Dandim 0310/SS dan penyerahan kembali bantuan bibit kepada Kelompol Tani Mandiri Jaya Nagari Kamang.

Hadirin kemudian melaksanakan penanaman bibit jagung secara seremonial yang dilakukan secara bersama oleh Kapolres Sijunjung, Dandim 0310/SS, Dinas Pertanian, dan Forkopincam Kamang Baru.

Setelah penanaman bibit jagug secara simbolis dilanjutlan dengan pengecekan lokasi dan tanaman jagung yang telah ditanam sebelumnya.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *