Polres Pasaman Barat Bersama Basarnas dan BPBD Gelar Latihan Bersama Mitigasi Bencana

TBNews Sumbar  – Sebagai langkah persiapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Polres Pasaman Barat bersama Basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat mengikuti kegiatan latihan bersama mitigasi bencana yang dilaksanakan di aula Kantor Basarnas setempat, Rabu (15/06/2022).

Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto S.I.K., M.M melalui Kabag Ops Kompol Iman Khalid, S.H mengatakan, latihan bersama mitigasi bencana ini langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, karena Kabupaten Pasaman Barat termasuk daerah yang rawan terjadinya bencana alam.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan sinergitas dan koordinasi lintas sektoral antara Polri, khususnya Polres Pasaman Barat dengan Basarnas dan BPBD Pasaman Barat,” ujarnya.

Iman menambahkan, selain meningkatkan sinergitas dan koordinasi, dengan adanya latihan bersama ini, juga dapat membangun kompetensi personel dalam mitigasi bencana alam.

Kemudian, kegiatan ini membangun komunikasi dan silaturahmi pada unsur pimpinan dan pelaksana tugas di masing-masing Instansi.

“Kedepannya latihan bersama mitigasi bencana ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan, agar personel Polri khusunya Polres Pasaman Barat bisa lebih cepat tanggap dalam menghadapi situasi bencana,” tuturnya.

Diterangkannya, latihan bersama mitigasi bencana dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Basarnas Pasaman Barat dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pasaman Barat.

Adapun materi yang diberikan seperti, tentang keposkoan dari Basarnas, sejarah Basarnas, tupoksi Basarnas. Kemudian dilanjutkan dengan materi safety, tentang pencarian dan pertolongan pada korban bencana alam.

“Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini, masing-masing Instansi lebih siap dalam menghadapi kegiatan mitigasi bencana dengan system koordinasi yang lebih baik kedepannya,” ungkapnya. (HumasResPasbar)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *