Operasi Patuh Singgalang 2022 Telah Dimulai, Kapolres Agam Himbau Masyarakat Patuhi Aturan

TBNews Sumbar – Kepolisian Resor Agam  secara resmi telah menggelar Operasi Patuh Singgalang 2022. Kegiatan operasi ini dinyatakan dimulai setelah Polres Agam melaksanakan apel gelar pasukan pada Senin pagi kemarin (13/6/2022).
Kegiatan apel gelar pasukan dilaksanakan dihalaman Mako Polres Agam yang dipimpin langsung oleh Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, S.sos, M.M dengan dihadiri Sekab Agam Ir. H. Edi Busti, Unsur Forkopimda, Kalaksa BPBD Agam, Kadishub Agam, Kadinas Satpol PP-Damkar Agam, perwakilan ninik mamak, perwakilan tokoh masyarakat dan unsur terkait lainnya.
Saat Apel, Bupati Agam Dr. H. Andri Warman membacakan amanat Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Irjenpol Teddy Minahasa Putra, yang menyebutkan bahwa Polri secara nasional menggelar operasi kepolisian bidang lalu lintas, dan untuk wilayah Sumatera Barat diberikan sandi “Operasi Patuh Singgalang 2022”.
Operasi Patuh Singgalang 2022 dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 13 – 26 Juni 2022 dengan tujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.
Disebutkan Kapolda dalam amanatnya, pada pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2022 ini diharapkan seluruh personil jajaran Polda Sumbar melaksanakan deteksi dini dan pemetaan terhadap lokasi – lokasi yang berpotensi rawan terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalulintas.
Ditambahkan, dalam pelaksanaan operasi ini seluruh personil Polri hendaknya melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada semua masyarakat tentang pentingnya menjaga kamseltibcarlantas baik melalui sosialisasi, media, spanduk, penyebaran leaflet dan lainnya.
Di akhir amanat, Kapolda Sumbar juga memberikan beberapa penekanan kepada personil jajarannya agar selalu berkoordinasi dengan aparat TNI dan dinas instansi terkait ketika melaksanakan kegiatan operasi, hindari sikap dan perilaku arogan terhadap masyarakat serta lakukan pembinaan dengan baik agar masyarakat kita bisa memahami arti tertib berlalulintas yang sesungguhnya.
Prosesi dimulainya Operasi Patuh Singgalang 2022 di wilayah hukum Polres Agam ditandai dengan pemasangan tanda pita oleh Bupati Agam kepada perwakilan dari personil TNI, Polri, Dishub dan Satpol-PP yang ditunjuk.
Selanjutnya dilaksanakan kegiatan tambahan berupa pemasangan selempang pelopor keselamatan berlalu lintas dan penyerahan helm SNI kepada perwakilan Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Pelajar dan tokoh masyarakat lainnya.
Sementara itu, Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian, S.I.K selaku penanggung jawab kegiatan operasi juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pelanggaran berlalulintas, menurutnya ketika masyarakat telah mematuhi aturan berlalu lintas, maka angka pelanggaran dan kecelakaan secara otomatis akan turun.
Selain itu, Kapolres juga mengintruksikan pada jajarannya untuk selalu melakukan penindakan secara rutin terhadap aksi balap – balapan liar yang sering diketahui terjadi di kawasan jalan Surau Kariang, Sport Centre dan Gor Rang Agam.
“Karena hal demikian sudah sangat meresahkan masyarakat sekitar,” ucap Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian.(*)
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *