Jalin Kerjasama yang Baik, Bhabinkamtibmas Sambangi Wilayah Binaan

TBNews Sumbar – Melalui Bhabinkamtibmasnya sambangi warga binaannya guna silaturahmi terus terjalin harmonis, rutinitas ini terus menerus dilakukan Bhabinkamtibmas Polres Pessel yang tersebar di 11 Polsek Jajarannya. Rabu 08 Juni 2022.

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian di kewilayahan, peran dan tugasnya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat.

Dan membantu menyelesaikan memecahkan berbagai masalah (Problem Solving) yang dialami oleh warga binaannya, mulai dari pribadi dan umum, seperti masalah ekonomi sampai ke imunisasi atau vaksinasi.

Bhabinkamtibmas Polsek 11 Jajaran yang terintegrasi di nagari Se-Kab. Pessel menyambangi atau mendatangi sambil menyampaikan pesan kamtibmas ke warga binaanya di Nagarinya masing-masing usai melaksanakan apel pagi di Polsek.

Bhabinkamtibmas ini melihat langsung setiap hari bagaimana kondisi masyarakat dan apa yang harus dilakukan untuk masyarakat, mencari solusi bersama menjaga harkamtibmas dinagarinya.

Oleh sebab itu Bhabinkamtibmas selalu berkoordinasi dengan Wali Nagarinya supaya mempertimbangkannya untuk bisa membantu keluhan masyarakat tersebut dan ikut terjun melihat situasi kondisi dilapangan.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H mengatakan bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas di Kenagarian – kenagarian tersebut merupakan langkah-langkah yang sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang dibinanya, karena mereka berada ditengah masyarakat tentulah mengerti dan paham keadaan masyarakat terkininya.

Tak itu saja, tapi juga mengandung nilai-nilai kekeluargaan dengan satu semangat menginginkan masyarakat terbantu dalam masa pandemi ini dan terjalinnya silaturahmi yang baik antar masyarakat itu sendiri.

Dan juga bernilai ibadah ikut membantu masyarakat yang perlu pertolongan karena ini adalah termasuk kebijakan dari Kapolri yang harus kami aplikasikan kedalam tugas sehari hari dan kepada masyarakat sebagaimana dimaksud program Presisi yang merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.

Hal ini sedikit mungkin meringankan beban hidup masyarakat dalam masa pandemi, serta menumbuh kembangkan rasa “gotong royong” bahu membahu ditengah kesulitan masyarakat, sesuai dengan Motto Bhabinkamtibmas “”VIGILANT QUIESCANT” (Kami berjaga sepanjang waktu, agar masyarakat Tenteram), kata Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H

Kasat Binmas AKP Zulhermansyah, SH sebagai kepala pembina fungsi Binmas menambahkan, dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengingatkan agar selalu memperhatikan Protokol Kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan cara senantiasa menerapkan 5 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan ditambah dengan Himbauan Vaksinasi dosis lengkap.

Tak itu saja peran Bhabinkamtibmas menyampaikan trik dan tips agar terhindar dari kejahatan dan bencana alam seperti menambahkan kunci pengaman pada barang berharga dan antisipasi Karhutla karena sebagian besar masyarakat banyak yang petani disamping nelayan serta tak kalah penting mengantisipasi penyalahgunaan narkoba.

Tak lupa juga Bhabinkamtibmas menyampaikan situasi yang berkembang saat ini banyaknya masyarakat yang terjerumus di dalam organisasi yang terlarang seperti NII dan sejenis, faktanya hal itu tidak sesuai dengan Undangan – undang yang berlaku, akan memecah belah bangsa karena Indonesia adalah dalam satu bingkai yaitu NKRI harga mati. Tutup Kasat Binmas.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *