Kapolres Agam Apresiasi Wisata Religi Museum Inyiak Canduang

TBNews Sumbar – Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian, S.Ik mengapresiasi wisata religi museum Inyiak Canduang yang berada di Kabupaten Agam.
Hal itu ia sampaikan saat menghadiri acara peresmian museum Inyiak Canduang Syekh Sulaiman Arrasuli yang secara syah diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, Kamis (26/5).
Menurutnya, museum yang kental dengan muatan sejarah perjuangan masyarakat Sumatera Barat dalam melawan penjajah dan menyebarkan agama Islam ditengah beratnya tantangan dimasa-masa sulit itu harus kita lestarikan.
“Karena dengan melestarikan peninggalan sejarah menandakan bahwa kita semua masih mengenang jasa – jasa beliau semasa hidup,” kata Ferry Ferdian.
Acara peresmian museum yang dihadiri bupati Agam Andriwarman, Kapolda Sumbar yang diwakili Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian, Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawira Negara, Dandim 0304 Agam Letkol Arh. Yosip Brosti Dadi, S.E., M.Tr para tokoh ulama dan masyarakat Kabupaten Agam itu berlangsung dengan sukses dan ramai dikunjungi masyarakat yang datang dari berbagai kalangan.
Setelah acara peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita, penandatangan prasasti museum, pengecekan barang peninggalan Syekh Sulaiman Arrasuli dan ziarah ke makam Syekh Sulaiman Arrasuli, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan penanaman seribu pohon pelindung di sekitar areal museum.
Menurut Kapolres, Museum Inyiak Canduang akan menjadi kebanggaan dan catatan sejarah tersendiri bagi Sumatera Barat Khususnya Kabupaten Agam, karena di museum tersebut tersimpan nilai – nilai sejarah perjuangan pahlawan bangsa.
“Keberadaan Museum Syekh Sulaiman Arrasuli ini akan menjadi sebuah ikon baru di Canduang (Kabupaten Agam) dan Sumbar terutama sebagai destinasi wisata edukasi religi dan sejarah kemerdekaan Indonesia, Ucap Kapolres menambahkan.
Bahkan, museum Syekh Sulaiman Arrusuli atau yang lebih dikenal dengan Inyiak Canduang itu, akan semakin melengkapi potensi daerah, termasuk potensi wisata religi yang diyakini akan sangat diminati masyarakat khususnya kaum muda.
“Hal ini, jadi momentum luar biasa dalam rangka mengenang Jasa Inyiak Canduang Syekh Sulaiman Arrasuli sebagai tokoh ulama pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Kita semua bangga akan sosok beliau dengan segala perjuangan dan pengorbanan yang sudah dilakukan,” sebutnya.(*)
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *