Polisi Berikan Pengamanan Unras Damai oleh APKASINDO di Sijunjung

TBNews Sumbar – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kab. Sijunjung, menggelar aksi unjuk rasa (unras) di kantor balairung Bupati Sijunjung, Selasa (17/5) siang.
Unjuk rasa damai ini, dilakukan untuk menyuarakan dan mendesak Pemerintah untuk segera menindak lanjuti terkait dampak Larangan Ekspor Minyak Goreng dan CPO yang berdampak langsung pada anjloknya harga TBS (Tandan Buah Segar) kelapa sawit di seluruh Indonesia.
Dari pendapat para pendemo tersebut, ini telah mengakibatkan perekonomian rumah tangga petani sawit se-lndonesia, terkhusus di Kabupaten Sijunjung, menjadi sangat tertekan dan memprihatinkan. Sehinga APKASINDO Sijunjung menyampaikannya kepada DPRD Kabupaten Sijunjung.
Aksi demo juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung bersama pimpinan Fraksi DPRD Sijunjung, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, S.Ik, Dandim 0310 SSD.
Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi mengatakan, dalam pengamanan ini, pihaknya menurunkan ratusan personel dari Polres Sijunjung, Dishub dan Satpol PP.
“Polri dalam hal ini Polres Sijunjung siap mengawal dan mengamankan para anggota APKASINDO, agar aspirasi yang di sampaikan terlaksana dengan baik dan aman,” katanya.
Usai melakukan orasi, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan surat resmi dari APKASINDO yang berisikan tentang tuntutan yang mesti ditindak lanjuti oleh Bupati Sijunjung.
Surat tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan DPD APKASINDO Kab. Sijunjung, Efi Barak kepada Wakil Bupati Sijunjung.
Kapolres Sijunjung melalui Kasihumas AKP Nasrul Nurdin mengatakan, unras dari APKASINDO Sijunjung tersebut berjalan dengan damai, aman, lancar dan kondusif.
“Alhamdulillah berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Mereka (pendemo) juga kita berikan pengamanan serta pengawalan saat melakukan orasinya,” katanya usai unras tersebut.
Ia menjelaskan, sebelumnya para demonstran ini melakukan titik kumpul keberangkatan yakni di Kiliran Jao, Maloro, Sungai Batuang, Padang Tarok dan Nagari Tanjung Kaliang di Kec. Kamang Baru untuk menuju kantor Bupati Sijunjung.
Sebagian demonstran, juga sudah ada yang menunggu di Simpang Air Angek Kec. Sijunjung.
“Dalam pelaksanaan keberangkatan, para pendemo dikawal langsung oleh personel dari Satlantas Polres Sijunjung dengan mobil vooridjer,” ujarnya.
Kegiatan unras diikuti kurang lebih 60 orang masyarakat, selain melibatkan petani sawit anggota APKASINDO Sijunjung, juga mengikutsertakan anak petani sawit yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Sawit (FORMASI) Indonesia.(*)
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *