Kapolda Sumbar tinjau Pos Pengamanan di Malibo Anai

TBNews Sumbar – Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Teddy Minahasa P, SH. S.Ik. MH kembali melakukan peninjauan beberapa Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Operasi Ketupat Singgalang 2022.

Seperti tadi siang, Kapolda beserta rombongan yang terdiri dari beberapa Pejabat utamanya mengawali peninjauan Pos Pengamanan di Malibo Anai, Padang Pariaman, Jumat (29/).

Kapolda memantau arus mudik di jalur utama Padang – Bukittinggi dan sekitarnya. Dalam pantauan saat ini, Irjen Pol Teddy Minahasa mengakui terjadi peningkatan volume kendaraan di Sumbar pada H-3 Lebaran.

Ia meminta kepada pemudik, apabila dalam perjalanannya mendapati kemacetan, agar saling menghargai antara satu sama lainnya.

“Jangan mengedepankan ego masing-masing. Demi ketertiban, kelancaran dan keselamatan sampai tujuan masing-masing,” sebutnya.

Dikatakan, secara statistik pihaknya tidak ada angka pasti jumlah kendaraan yang masuk ke Sumbar. Hal ini dikarenakan banyaknya pintu masuk ke wilayah Sumbar dan ditambah tidak adanya tol.

“Kita tidak bisa hitung secara statistik berapa kendaraan yang masuk. Tapi bisa dilihat fenomena seperti ini, ada peningkatan ada kepadatan,” ujarnya.

Lanjut Irjen Pol Teddy, dalam pengamanan arus mudik ini, pihaknya mendirikan 54 pos pengamanan, 34 pos pelayanan dan 1 pos terpadu. Pos tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pemudik.

Pos Pengamanan yang didirikan, berfungsi untuk mengantisipasi terhadap gangguan kamtibmas. Sedangkan Pos Pelayanan, didirikan untuk publik service bagi pemudik.

“Apabila ada kendaraan mogok, ban kempes, kami sediakan bengkel keliling. Kalau ada kehabisan BBM kita isi, kalau ada kelelahan kita berikan tempat istirahat,” jelasnya.

“Kemudian antisipasi kerawanan apakah kemacetan, kecelakaan maupun gangguan kamtibmas, kita (polisi) melibatkan seluruh unsur tim gabungan,” sambungnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *