Razia Gabungan Lapas Gandeng Polres Pessel Tak Temukan Narkoba di Lapas Kelas IIB Painan

TBNews Sumbar – Razia Gabungan Lapas, Polri Tak Temukan Narkoba di Lapas Kelas IIB Painan, Kamis 21 April 2022 09.00 Wib.

Kepala Lapas Kelas II Painan Fajar bersama Kasat Samapta Polres Pesisir Selatan AKP Nofrianda melakukan konferensi pers di Aula Lapas, usai kegiatan razia gabungan tersebut.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Painan menggelar razia termasuk Narkoba bagi seluruh warga binaan.

Razia tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun sekaligus memperingati hari Kartini yang jatuh pada hari ini bersamaan.

Untuk melakukan razia, Lapas Kelas IIB Painan menggandeng Polres Pesisir Selatan dengan Surat Perintah Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H sebanyak 13 personel.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Lapas Kelas II Painan Fajar, Kasat Samapta Polres Pesisir Selatan AKP Nofrianda sebagai Ketua Tim.

Sebelum melakukan razia, kegiatan diawali dengan apel bersama, setelah itu dilanjutkan dengan penggeledahan terhadap para warga binaan di Lapas tersebut.

Pemeriksaan dimulai dengan ruangan masing-masing warga binaan termasuk Toilet dan ruang pertemuan di Lapas dimaksud, tak lupa penggeledahan badan guna memastikan tidak adanya barang – barang yang berbahaya disimpan oleh warga binaan.

Usai melakukan razia, Kepala Lapas Kelas II Painan melakukan konferensi pers, dalam konferensi pers, Fajar mengatakan bahwa, dalam kegiatan tersebut tidak ditemukan narkoba dalam lingkungan lapas.

Petugas hanya menemukan barang-barang yang mengancam keamanan warga binaan seperti senjata tajam (gunting kuku), gelas kaca, pemantik, kaleng rokok dan alat cukur.

“Semua barang-barang ini tentunya akan kita musnahkan,” ujarnya.

Fajar mengatakan, tidak ditemukannya narkoba di Lapas Kelas IIB Painan karena selama ini pihaknya melakukan razia rutin terhadap warga binaan, bahkan, setiap tiga bulan sekali, pihaknya juga melakukan tes urine terhadap setiap warga binaan.

“Kita ingin mengecek apakah ada peredaran narkoba di lingkungan lapas, dan Alhamdulillah tidak ada narkoba, yang ada hanya barang yang mengancam keselamatan,” ungkapnya.

Ketua Tim Kasat Samapta Polres Pesisir Selatan AKP Nofrianda, mengutarakan kami hadir bergabung di sini untuk memastikan kegiatan razia berjalan lancar, aman dan clear dari ancaman terhadap petugas.

Kami juga melibatkan Polwan Polres Pessel guna memeriksa warga binaan perempuan, termasuk Provos sebagai pengawasan terhadap petugas agar berjalan lancar.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam rangka hari Bhakti Pemasyarakatan ke 58 sekaligus memperingati hati Kartini makanya Polwan juga kami ikutkan dalam kegiatan bergabung dengan staf perempuan Lapas.

Polres Pesisir Selatan juga mengucapkan “Selamat Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 58” Semoga Lapas Kelas IIB Painan tetap Konsisten dan Berhasil dalam membina warga binaannya agar bisa kembali ke masyarakat dengan membawa hal yang positif membangun kehidupannya kembali.

Dengan sinergitas ini kami berharap terus berlanjut guna membina warga binaan di Lapas Kelas IIB Painan, agar tetap konsisten menjaga lingkungannya bebas dari ancaman baik kepada sesama warga binaan maupun terhadap petugas, tutup. Kasat Samapta Polres Pesisir Selatan AKP Nofrianda.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *