Polsek BAB Tapan Turun Ke Lokasi Kebakaran Yang Menghanguskan Satu Unit Rumah Semi Permanen di Rahul Tapan

TBNews Sumbar, — Pantauan Cuaca panas ekstrem akhir – akhir ini melanda Kabupaten Pessel berpotensi terjadinya kebakaran baik hutan dan lahan serta pemukiman penduduk.

Polsek BAB Tapan siang tadi turun ke lokasi titik kebakaran lahan (Titik Hot Spot) di wilayah hukumnya. Kamis 21 April 2022.

Anggota Polsek BAB Tapan sekira pukul 14.30 Wib melakukan Pengecekan Tempat kebakaran yang terjadi di Kampung Sungai Pinang Ken. Sungai Pinang Tapan Kec. Rahul Tapan Kab. Pessel di wilayah Hukum Polsek BAB Tapan.

Kebakaran menghanguskan satu unit rumah kayu atay semi permanen milik penduduk yang berukuran 6×8 M persegi dan Personel yang turun mendatangi lokasi kebakaran Kanit SPK B Aipda Erizal dan anggotanya Aipda Jusmadi bersama Anggota BPBD Tapan.

Adapun pemilik rumah Hendra Yadi (34), Melayu, tani, tidak berada dirumah sewaktu kejadian, saksi pada saat kejadian kebakaran melihat api dari bagaian belakang rumahnya, atau pada dapurnya, melihat api semakin membesar langsung berteriak minta tolong ke warga sekitar yang lalu membantu memadamkan api dengan alat seadanya tidak beberapa lama datang unit pemadam kebakaran namun rumah sudah habis terbakar.

Kapolsek BAB Tapan IPTU Gusmanto. M, SH, M.Si mengutarakan, personel kami berupaya ikut memadamkan api yang membakar rumah tersebut dengan BPBD setelah adanya laporan dari masyarakat, sekarang api sudah dapat di padamkan dengan kerugian pemilik rumah sekitar 45 juta rupiah.

Kami memintai keterangan pemilik rumah dan saksi – saksi disekitar kejadian akan tetapi belum ada kepastian penyebab kebakaran, namun demikian kami masih menindak lanjuti apa penyebab kebakaran rumah tersebut, dan apabila penyebabnya kelalaian atau disengaja oleh orang lain tentunya ada konsekwensi hukum yang harus ditegakkan.

Kami menghimbau kepada masyarakat, dimusim kemarau ini rawan akan kebakaran, baik hutan dan lahan karena durasi panas terik yang lama lahan menjadi mudah terbakar.

Kiranya kita tidak melakukan pembakaran dalam membuka lahan atau melakukan aktifitas disekitar lahan yang dapat merusak lingkungan hutan menimbulkan bencana nantinya bahkan habitat di dalam hutan berpotensi musnah akibat kebakaran tersebut.

Untuk rumah masyarakat agar selalu waspada bila beraktifitas masak dan lainnya, jangan tinggalkan rumah pastikan sumber api dirumah kita matikan terlebih dahulu, ujar Kapolsek BAB Tapan.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *