Polres Pasaman kerahkan 118 Personel, Berikan Pengamanan saat Balimau

TBNews Sumbar – Polres Pasaman akan mengerahkan 178 personel gabungan untuk pegamanan tradisi Balimau menjelang datangnya bulan suci ramadhan, yang selalu dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Pasaman.

“Kami bekerjasama dengan instansi lainnya. Sebanyak 118 orang personil Polri, TNI 25 orang personil, Pol PP 20 personil dan Dishub 15 orang personil,” kata Kapolres Pasaman AKBP Dr. Fahmi Reza, S.Ik, Sabtu (2/4).

Disebut Kapolres, pengamanan yang dilakukan tim gabungan tersebut nantinya dipusatkan di lokasi pemandian dan tempat wisata seperti di daerah Kecamatan Lubuk Sikaping Masjid Raya Tanjung Beringin, Masjid Raya Pauah, Ambun Water Park dan Pemandian Pontoh Taluak Ambun.

Untuk di Kecamatan Bonjol di Bulak’an Simpang, Lubuak Kasai Kumpulan dan Wisata Kuliner Bonjol. Sedang di Kecamatan Rao adalah di Sungai Batang Asik, Sungai Batang Bingkaih, dan Bendungan Mudiak Tampang.

Kemudian di Kecamatan Panti di Bendungan Ampang Gadang, Jembatan Tambangan Petok, Wisata Alam Rimbo Panti, Pemandian Batu Ampar, dan Bendungan Sontang.

“Kami juga akan mengamankan obyek wisata yang ramai dikunjungi masyarakat,” jelas AKBP Fahmi Reza.

Ia menyampaikan, pengamanan yang dilakukan ini adalah untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung dalam melaksanakan tradisi balimau. Dengan cara itu, pelaksanaan tradisi itu berjalan dengan baik sehingga tidak ada korban tenggelam, pencurian dan kecelakaan di wilayah hukum Polres Pasaman.

“Kita tidak menginginkan hal itu terjadi selama pelaksanaan tradisi balimau,” ujarnya.

Kapolres Pasaman mengimbau kepada seluruh pengunjung, untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara menjaga anak-anak saat mandi, menjaga barang bawaan dan lainnya. Bagi pengendara sepeda motor diimbau untuk tidak ugal-ugalan apalagi kebut-kebutan, dan gunakan helm standar serta mematuhi aturan lalu lintas.

“Ini harus dilakukan agar tidak menjadi korban tenggelam, pencurian serta kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *