Percepatan Sumdarsin 2 Kecamatan : Polres Pessel Razia Operasi Sertifikasi Vaksin di Gelar di 5 Titik. Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19 dari Luar Daerah

TNS – Dalam rangka percepatan vaksinasi, jajaran Polres Pessel tetap melaksanakan kegiatan vaksinasi walau dihari libur, seperti halnya  tanggal 16 Januari 2021 tetap diberlakukan Sumdarsin oleh personel Polres Pessel bersinergi dengan Pemda Kabupaten Pesisir Selatan.

Hal itu dilakukan karena akhir pekan diprediksikan mobilitas masyarakat tinggi, seperti ke lokasi wisata, pasar maupun pengguna akses jalan raya umum di kabupaten pessel.

Selaras dengan Sumdarsin yang di optimalkan ini diikuti oleh seluruh peserta Forkopimda baik di tingkat Provinsi, maupun Pemda Kabupaten dan Pemda Kota. Dimulai pada tanggal 08 hingga 22 Januari 2022.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H menyikapinya dengan percepat laju vaksinasi untuk Herd Immunity dengan cara terus memotivasi dan menggenjot jajarannya untuk Akselerasi Vaksinasi di Sumatera Barat Sadar Vaksin (SUMDARSIN) di Kecamatan Se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Dengan intruksinya Kapolres Pessel keluarkan Surat Perintah Nomor : SPRIN/01/I/HUK.6.6/2022 Tanggal 07 Januari 2022 Tentang Melaksanakan Sumdarsin di 2 Wilayah yakni Polsek Bayang dan Polsek IV Jurai yang kembali diberlakukan.

Untuk Polsek Bayang diberlakukan Razia Operasi Yustisi Sertifikasi vaksin di Jalan raya api – api dan taluak lokan kecamatan bayang.

Untuk Polsek IV Jurai diberlakukan Razia Operasi Yustisi Vaksinasi di jalan raya Padang-Bengkulu tepatnya di Pincuran Boga depan Gor Zeni Zen ada 2 titik lajur atau 2 tim, 1 Tim di pasar sago dan 1 Tim di lantamal TPI pintu masuk ke objek wisata pantai Carocok Painan.

Dalam razia, bagi yang belum bersertifikasi vaksin akan langsung di vaksin ditempat, tentunya melalui screening nakes terlebih dahulu.

Khusus Polsek IV Jurai ditambah dengan percepatan vaksinasi di seluruh kampung di kecamatan IV Jurai dibagi sebanyak 36 Tim masing-masing tim sebanyak 2 orang yang mendata by name by address, bagi masyarakat yang sakit atau komorbit akan didatakan sedangkan bagi yang menolak vaksin di nyatakan dengan menandatangani surat pernyataan menolak vaksin.

Hal ini dilakukan sesuai dengan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksin serta undang-undang No. 4 Tahun 1984 tentang wabah penyakit menular.

Percepatan vaksinasi Untuk menekan laju masyarakat terpapar COVID-19, makanya ini harus dilakukan segera, apalagi bagi lansia sangat penting, usia rentan terpapar virus ini.

Dalam arahan beliau surat perintah ini untuk mengakselerasi Percepatan Vaksinasi didaerah tersebut yang mana masih rendah dalam pencapaiannya dengan 3 komponen penting dalam akselerasi vaksin yakni turun ke nagari-nagari mendorong masyarakat agar segera vaksin, menyediakan vaksinator dan ketersediaan vaksin yang aman, halal dan steril.
Untuk Polres Pesisir Selatan menggelar vaksinasi di 2 Wilayah hukum Polsek tersebut hal ini dibantu oleh semua fungsi atau semua personel Polres Pessel lainnya untuk mempercepat vaksinasi khususnya di Kecamatan Koto Bayang dan Kecamatan IV Jurai di Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk jumlah keseluruhan sebanyak 125 personel polres ditambah personil 2 polsek yang di pimpin oleh beberapa Perwira dilapangan termasuk Dokter dan Vaksinator dari Dinas Kesehatan Kab. Pessel.
Data yang dihimpun Humas Polres yang di rangkum dari Data Bag Ops dengan capaian tertinggi di peroleh Polsek Bayang dengan rincian sebagai berikut :
– Polsek Bayang jumlah 123 Dosis dengan rincian Dosis I jumlah 44 orang, Dosis II jumlah 79 orang dan Dosis III 0 orang
– Polsek IV Jurai jumlah 57 Dosis dengan rincian Dosis I jumlah 28 orang, Dosis II jumlah 29 orang dan Dosis III 0 orang.

Kegiatan dilaksanakan sesuai Standar Operasi Pelaksanaan Vaksinasi melewati pemeriksaan data, screening oleh Nakes dan penginputan data secara digital, terakhir observasi KIPI pasca vaksin selama 30 menit semuanya berjalan lancar dan aman.
Kapolsek Bayang AKP M. Thamrin, SH, M.M dan Kapolsek IV Jurai AKP Zulhermansyah, SH kompak menjelaskan kepada humas kegiatan ini sangat kami apresiasi sekali sesuai perintah Bapak Kapolres.
Personel polres sangat membantu sekali dalam percepatan ini karena penyebaran penduduk di wilayah kami yang tidak merata dan medan yang jauh bahkan terisolir dan mengoptimalkan serta mensinkronkan data masyarakat yang belum tersentuh vaksinasi.

Bagi yang belum divaksin didatangi langsung dan diberikan surat undangan sebagai pengantar ke gerai-gerai vaksinasi terdekat.

Kami bersama Forkopimca, tenaga kesehatan dan kawan-kawan dari Koramil setempat sangat berterima kasih sekali dapat bersinergi dengan pemerintahan nagari, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar segera dilakukan vaksinasi, bahkan dilaksanakan hingga malam hari karena ada sebahagian masyarakat yang beraktivitas bertani dan berladang pulangnya sore hari, akan tetap kami layani, ujar para Kapolsek.

Hal ini semata-mata untuk kesehatan masyarakat sendiri untuk wujudkan Herd Immunity di Kecamatan dan umumnya Kabupaten Pesisir Selatan yang akan memutus mata rantai penyebaran pandemi, disamping vaksinasi masyarakat belajar peduli akan sesama karena dengan kebersamaan itulah kita bisa menghadapi pandemi.
Harapan kami masyarakat menyadari pentingnya vaksinasi dan ikut bersama – sama bahu membahu memerangi pandemi dengan pakai masker dan segera vaksin.

Kegiatan ini akan terus berlanjut sesuai intruksi Kapolres sampai capaian vaksinasi 100%, ayo bersama kita mendukung program nasional menuju Indonesia tangguh dan tumbuh serta perekonomian masyarakat kembali pulih. Pungkasnya.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *