Progres Vaksinasi Di Wilayah Hukumnya, Kapolres Pessel Terapkan Operasi Yustisi Jalan Padang – Bengkulu

TNS – Awal tahun 2022 Kapolres Pesisir Selatan AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H percepat laju vaksinasi untuk Herd Immunity dengan cara terus memotivasi dan menggenjot jajarannya untuk Akselerasi Vaksinasi di Sumatera Barat Sadar Vaksin (SUMDARSIN) di Kecamatan Se-Kabupaten Pesisir Selatan,Sabtu (15/1/22).

Dengan intruksi Kapolres yang telah dikeluarkan Surat Perintah Nomor : SPRIN/01/I/HUK.6.6/2022 Tanggal 07 Januari 2022 Tentang Melakukan Percepatan Sumdarsin di Wilayah Hukum Polsek Koto XI Tarusan dan Polsek IV Jurai yang mulai diberlakukan, kali pertama dikeluarkan Sprint percepatan Sumdarsin oleh Kapolres.

Dalam arahan beliau surat perintah ini untuk mengakselerasi Percepatan Vaksinasi didaerah tersebut yang mana masih rendah dalam pencapaiannya.

Termasuk memperketat tempat objek wisata di Pantai Carocok Painan dilakukan penegakkan Prokes berupa Operasi Yustisi Vaksinasi untuk masyarakat pengunjung wisata dan Jalan Raya Padang-Bengkulu setiap hari sebagai bentuk penegakkan Prokes dalam mobilitas masyarakat.

Kapolres mengatakan dengan 3 komponen penting dalam akselerasi vaksin yakni turun ke nagari-nagari mendorong masyarakat agar segera vaksin, menyediakan vaksinator dan ketersediaan vaksin yang aman, halal dan steril.

Untuk umumnya Polres Pesisir Selatan menggelar vaksinasi yakni di seluruh Wilayah hukum Polres tersebut hal ini dibantu oleh semua fungsi atau semua personel Polres Pessel lainnya untuk mempercepat vaksinasi khususnya di Kecamatan Koto XI Tarusan dan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Berjalan sesuai rencana Kapolres sejak pagi Jam 08.00 Wib personel 2 Polsek yakni Polsek Koto XI Tarusan dan Polsek IV Jurai melaksanakan Apel dipimpin oleh perwira pengendali yang telah ditunjuk sesuai Surat perintah Kapolres.

Untuk jumlah keseluruhan sebanyak 480 personel polres ditambah personil 11 polsek tersebut khusus Polsek Koto XI Tarusan di pimpin perwira dan personel sebanyak 32 personel sedangkan Polsek IV Jurai 2 Tim Operasi Yustisi dan 36 Tim kecil masing-masing berjumlah 2 personel yang di pimpin oleh beberapa Perwira dilapangan termasuk Dokter dan Vaksinator dari Polres dan juga Dinkes Kab. Pessel.

Untuk pengamanan kegiatan dilakukan oleh Sie Propam Polres Pessel dibawah pimpinan Kanit Provost IPDA Meriyanto guna memastikan kegiatan berjalan dengan Prokes yang ketat dan menghindari penyimpangan oleh personel.

Tim 36 tersebut menyasar perkampung mendata masyarakat yang belum tersentuh vaksin bersama pemerintahan nagari setiap harinya by name by address, memastikan mana yang belum diberikan pemahaman dan diundang untuk Vaksinasi dan apabila memenuhi persyaratan vaksin oleh Nakes barulah dilakukan vaksinasi tersebut.

Dan Operasi Yustisi di jalan raya Padang-Bengkulu tepatnya di depan Gor Zeni Zen Kec. IV Jurai Kab. Pessel diberlakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan dan kartu vaksinasi sesuai Perda Provinsi Sumbar No. 6 Tahun 2020, bila belum vaksin akan dilakukan vaksin Gratis ditempat yang disediakan, tentunya screening nakes terlebih dahulu.

Kegiatan dilaksanakan sesuai Standar Operasi Pelaksanaan Vaksinasi melewati pemeriksaan data, screening oleh Nakes dan penginputan data secara digital

terakhir observasi KIPI pasca vaksin selama 30 menit semuanya berjalan lancar dan aman.

Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H melalui Kanit Provost Polres Pessel IPDA Meriyanto menjelaskan, untuk razia operasi yustisi ini dilakukan rutin setiap hari di kota Painan, terutama menegakkan Protokol Kesehatan dalam mobilitas masyarakat terutama di jalan raya dan tempat keramaian lainnya.

Hal ini semata-mata untuk kesehatan masyarakat sendiri dan juga melindungi masyarakat pessel khususnya penyebaran pandemi dari luar daerah guna wujudkan Herd Immunity di Kecamatan dan umumnya Kabupaten Pesisir Selatan yang akan memutus mata rantai penyebaran pandemi.
Harapan kami masyarakat menyadari pentingnya vaksinasi dan ikut bersama – sama bahu membahu memerangi pandemi dengan pakai masker dan segera vaksin.

Kegiatan ini akan terus berlanjut sesuai intruksi Kapolres sampai capaian vaksinasi 100%, ayo bersama kita mendukung program nasional menuju Indonesia tangguh dan tumbuh, perekonomian kembali pulih, tegas Kanit Provost Polres Pessel.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *