Sat Samapta Polres Pessel Patroli Telusuri Jalanan Kota dan Perkantoran Painan Imbauan Prokes

TNS – Kasat Sabhara IPTU Nofrianda bersama personilnya yang terjadwal rutin melaksanakan kegiatan Sat Samapta dengan menggelar Patroli Dialogis Selasa Pagi 30 November 2021 terbagi dengan regu patrolinya dengan Kendaraan Roda 2 dua dengan personil  Aipda Adrizal, Brigadir Debi Harlin, Bripda M Syukri.

Patroli ini dilakukan ke daerah konsentrasi masyarakat sambil memberikan imbauan agar mematuhi prokes.

Kasat Samapta Polres Pessel IPTU Nofrianda menjelaskan, selama kegiatan berlangsung dalam situasi kamtibmas relatif aman dan kondusif dengan petugas patroli memberikan arahan pada masyarakat pelaku kegiatan dan petugas yang ditemui untuk selalu waspada dan ikut menciptakan rasa aman dan taat akan prokes Covid-19.

Kegiatan ini diharapkan Tercipta rasa aman di tengah-tengah masyarakat serta masyarakat paham tentang Prokes Covid 19. Ujar Kasat.

Dalam tugas pokonnya, Sat Samapta Mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas baik berupa kejahatan maupun Pelanggaran serta gangguaan ketertiban lainnya.

Melakukan tindakan Represif Tahapan awal (Repawal) terhadap semua bentuk ganguan Kamtibmas lainnya guna memelihara keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Melindungi keselamatan orang, harta benda dan masyarakat, melakuan Tindakan Reperesif Terbatas (Tipiring dan Penegakan Perda) Pemberdayaan Dukungan Satwa dalam tugas Operasional Polri.

selain itu, tugasnya juga melaksanakan SAR terbatas.

Dalam pelaksanaan tugasnya Sat Samapta memiliki unit sebagai berikut :

Unit Patroli yaitu Bentuk operasional Polri yang merupakan perwujudan tindakan menghilangkan faktor niat atau pencegahan terhadap bertemunya niat dan kesempatan.

Pengendali Massa (Dalmas) yaitu kegiatan dengan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap sekelompok masyarakat yang sedang menyampaikan pendapat / aspirasi didepan umum guna mencegah masuknya pengaruh pihak tertentu atau provokator.

Penjagaan markas / Obvit yaitu Pelaksanaan tugas kepolisian yang bersifat preventif guna mengamankan markas komando, kantor perbankan, maupun lokasi rawan kriminalitas serta lingkungan sekitarnya.

Dalam situasi pandemi kita juga menyesuaikan beberapa tambahan tugas terkait Protokol Kesehatan, menghimbau dan mengajak masyarakat disiplin bermasker dan lakukan vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Semoga dengan kegiatan patroli rutin ini masyarakat merasa aman dan nyaman menjalankan aktivitasnya, tutup Kasat Samapta.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *