Manfaatkan Tempat Hiburan, Polres Sijunjung dan Dinas Kesehatan gelar Vaksinasi

TNS – Melihat ramainya pengunjung yang datang ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas, Muaro Sijunjung, membuat Polres Sijunjung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung memanfaatkan momen tersebut untuk pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat yang belum divaksin.

Pelaksanaan vaksin oleh Pemkab Sijunjung yang bekerjasama dengan Polres Sijunjung dan Kodim 0310/SS itu pertama kalinya digelar pada malam hari, khususnya ditempat hiburan yang ramai dikunjungi masyarakat, Sabtu (16/10).

Dengan momen akhir pekan tersebut, petugas memanfaatkan kehadiran para pengunjung RTH Logas untuk pelaksanaan vaksinai Covid-19 yang biasanya ramai dikunjungi pada saat malam Minggu.

Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ihkwan Lazuardi, S.Ik melalui Kasubbag Humas AKP Nasrul Nurdin menjelaskan, kemauan masyarakat khususnya di Kabupaten Sijunjung untuk ikut vaksinasi semakin meningkat.

“Biasanya kita gelar vaksin di Puskesmas, sekolah dan perkantoran. Sekarang kita sengaja mengadakan di tempat hiburan yang ramai dikunjungi masyarakat, sehingga pengunjung yang belum divaksin bisa ikut disini,” ujarnya.

“Alhamdulillah kita sebenarnya tidak ada kendala yang berarti, artinya kesadaran masyarakat untuk ikut vaksin di Sijunjung semakin meningkat. Namun upaya untuk menjangkau secara merata memang perlu dilakukan, dan ini salah satunya,” sambung AKP Nasrul Nurdin.

Meski pertama kali dilakukan, pelaksanaan vaksin di RTH Logas berhasil menarik perhatian masyarakat. Namun sempat terkendala akibat diguyur hujan.

“Sejak sore kita sudah mulai, sempat berlangsung sampai pukul 19.30 WIB, tapi karena hujan lebat terpaksa dihentikan. Setidaknya dalam jangka waktu singkat itu kita bisa memberikan sebanyak 52 vaksin kepada pengunjung RTH,” sebutnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg. Ezwandra, menyebut, progres vaksin di Sijunjung terus mengalami peningkatan.

“Ini pertama kalinya kita gelar gebyar vaksin di tempat hiburan pada malam hari. Masyarakat yang ramai berkunjung ke taman bisa sekalian divaksin, khusus bagi yang belum,” sebut Kepala Dinas Kesehatan.

“Serapan vaksin kita terus meningkat. Bahkan dengan target seribu vaksin sehari, Alhamdulillah kita bisa melaksanakannya, itu tersebar di sejumlah titik pada kecamatan dan Puskesmas yang ada,” ujarnya.

Kini Sijunjung menjadi kabupaten nomor dua di Sumbar dengan capaian vaksin tertinggi setelah Kabupaten Dharmasraya. “Pada level kabupaten kita nomor dua terbanyak di Sumbar dengan angka capaian 32,21% untuk dosis pertama dan 13,61% untuk dosis kedua,” papar Ezwandra.

Dalam rentang waktu satu bulan terakhir, khususnya setelah dinas kesehatan bekerjasama dengan Polres dan Kodim 0310/SS, peningkatan serapan vaksin di Sijunjung naik sebesar 15 persen. “Dalam satu bulan kita bisa naik 15 persen, kita optimis pada akhir tahun nanti bisa mencapai angka 70 persen,” harapnya. Ikut Vaksin.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *