Problem Solvin Polsek Ranah Pesisir & Polsek BAB Tapan, Kapolres Pessel : Polisi Yang Paling Pinter Ya Bhabinkamtibmas, Mereka Bisa Menjadi Guru, Ustadz, Teman Curhat & Sebagainya

TNS – Polsek memiliki Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak kepolisian di kewilayahan, peran dan tugasnya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan memecahkan masalah (Problem Solving) yang dialami oleh warga binaannya, Senin 11 Oktober 2021.

Para Bhabinkamtibmas berperan menjadi problem solving saat bertugas di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya memberikan pendampingan hukum misalnya meluruskan berita-berita hoaks ataupun persoalan kecil lainnya.

Polsek Ranah Pesisir melalui Unit Reskrim bertempat di Kantor Polsek melakukan mediasi terhadap warga binaan yang diduga melakukan tindak pidana ringan atau kesalahan pahaman yang terjadi sebelumnya berawal pertengkaran mulut sampai terjadi penganiayaan ringan.

Polsek BAB Tapan melalui Bhabinkamtibmas Aipda Dani Rahman bertempat di Kantor Wali Nagari Riak Danau Tapan melakukan mediasi terhadap warga binaan yang diduga permasalahan tanah yang terjadi sebelumnya antara kedua belah pihak yakni kakak beradik kandung.

Kanit Reskrim dan personilnya serta Bhabinkamtibmas kedua Polsek diatas memberikan arahan kepada warga binaan agar bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi secara kekeluargaan, karena yang bertikai adalah kakak beradik kandung untuk saling memaafkan dan mengakui kesalahan masing masing dan tidak mengulangi perbuatannya.

Kemudian dilakukan musyawarah dengan beberapa kesepakatan dan permasalahan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.
Mediasi ini dilaksanakan agar tidak terjadi gejolak dimasyarakat guna terciptanya keamanan dan ketertiban di wilayah hukum kedua Polsek.

Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H mengatakan bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas ini merupakan langkah-langkah yang sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang dibinanya.

“Pada saat situasi pandemi ini, polisi yang paling pinter ya bhabinkamtibmas. Mereka bisa menjadi guru, bisa menjadi ustad, teman curhat dan sebagainya,”

Tak itu saja, tapi juga mengandung nilai-nilai kekeluargaan dengan satu semangat menginginkan perdamaian karena terjalinnya kembali silaturahmi yang baik di antara masyarakat itu sendiri dan bernilai ibadah ikut merukunkan kedua orang atau umat yang bertikai karena ini adalah kebijakan dari Kapolri yang harus kami aplikasikan kedalam tugas sehari – hari kepada masyarakat, sedikit mungkin meringankan beban hidup masyarakat dalam masa pandemi, serta menumbuh kembangkan rasa “badunsanak” ditengah masyarakat agar saling memahami kesalahan kita sendiri dan saling memaafkan serta menyelesaikan dengan secara terhormat, sesuai dengan moto Bhabinkamtibmas kami “”VIGILANT QUIESCANT” (Kami berjaga sepanjang waktu, agar masyarakat tenteram), pungkas Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan-Pesan Kambtibmas dan mengingatkan warga binaan agar selalu memperhatikan Protokol Kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara senantiasa menerapkan 5 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *