Polsek Ranah Pesisir Amankan Kunker Gubernur Sumbar di Kenagarian Sungai Liku

TNS – Polsek Ranah Pesisir mengamankan dan menghadiri acara pelestarian warisan budaya seni musik tradisional RABAB atau BABIOLA Pesisir Selatan yang di buka langsung oleh Bapak Gubernur Sumbar Bapak Drs.Mahyeldi, Minggu 26/9/2021 di Kenagarian Sungai Liku Kecamatan Ranah Pesisir Kab. Pesisir Selatan.

Turut Hadir dalam Kegiatan tersebut :
1. Gubernur Sumbar Bapak Drs.Mahyeldi
2.DPRD Prov Komisi 5 Bapak Yusuf Abit
3.Kadis Kebudayaan Sumbar.
4. Kadis Pendidikan Bapak Suhendri.
5. DPRD Kabupaten Bapak Novermal Yuska
6. Camat Ransir diwakili Sekcam
7.Kapolsek Ranah Pesisir IPTU Andi Yanuardi
8.Unsur-unsur Muspika
9.Ninik mamak berserta Bundo kandung
10.Masyarakat Setempat.

Adapun acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Gubernur Sumbar Bapak Drs.Mahyeldi .Mpt dan Gubernur Sumbar menyampaikan bahwa seni budaya Babiola atau Rabab ini adalah warisan leluhur orang Minang kabau yang harus di lestarikan dan sebagai daerah Kabupaten yang sampai sekarang melestarikannya ada di 3 di Provinsi Sumbar yaitu:
1.Kabupaten Pesisir Selatan.
2. Kabupaten Padang Pariaman.
3.Kabupaten Solok Selatan.

Kapolsek mengatakan Adapun acara seni dan budaya ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dan sebagai tuan rumah Kec. Ranah Pesisir kami sangat bangga akan seni budaya yang terus di lestarikan oleh Kenagarian Sunga Liku khususnya, sebagai jati diri masyarakat setempat yang dipatut dilestarikan kepada generasi muda kita.

“Kecintaan pada budaya sendiri harus terus giatkan nantinya tentu efeknya menambah nilai ekonomi bagi masyarakat setempat dan menjadi ciri khas tersendiri”, tutup Kapolsek

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *