Curah Hujan Tinggi, 2 Rumah Tertimbun Lonngsor

TNS – Curah Hujan Tinggi Siang kemarin Sabtu 18/9/21, membuat 2 Rumah Diterban tanah.

Polsek Ranah Pesisir langsung mendatangi lokasi untuk membantu Warga membersihkan material Longsor.

Kapolsek Ranah Pesisir IPTU Andi Yanuardi bersama anggotanya mendatangi lokasi longsor di jalan pale – Air tambang Nagari Nyiur melambai Kec. Ranah Pesisir Kabupaten Pessel.

Adapun akibat kejadian tersebut akses jalan paleh – Air tambang tertutup longsor dan dua rumah warga diterjang material longsoran, Karena intensitas Curah hujan begitu deras selama 3 jam lebih kurang sebelumnya yang mengguyur wilayah Kecamatan ranah pesisir.

Kapolsek Ranah Pesisir menjelaskan, Alhamdulillah tidak sampai memakan korban jiwa, sekarang warga secara bersama-sama melakukan gotong royong mengevakuasi barang-barang berharga milik warga yang diterjang material longsoran ketempat yang aman dan dilanjutkan membersihkan material longsoran dengan menggunakan peralatan seadanya.

Adapun Rumah warga masyarakat yang diterjang material longsoran sbb :

1. Nama : Ropika Yanti
Umur : 38 thn
Suku : Chaniago
Pekerjaan : IRT
Alamat : Air tambang Nagari nyiur melambai Kec.Ransir.
Tafsiran Kerugian diperkirakan : Rp.40.000.000 ( Enam puluh juta rupiah ).

2. Nama : Rahma Dani
Umur : 28 thn
Suku : Sikumbang
Pekerjaan :IRT
Alamat : Air tambang Nagari nyiur melambai Kec. Ranah pesisir.
Tafsiran Kerugian diperkirakan : Rp. 40.000.000 ( empat puluh juta rupiah ).

Jarak Rumah milik warga dengan tanah perbukitan yang bekas digarap lebih kurang berjarak sekira 10 ( sepuluh ) Meter dan keadaan Tanah perbukitan yang bekas digarap cukup terjal.

Dengan intensitas Curah hujan begitu deras mengguyur lokasi tersebut yang cukup lama dan pohon kelapa yang ada di lokasi sebagai penyangga juga terseret longsoran.

Situasi saat ini akses jalan dari Kampung Pale menuju Kampung Air tambang tertutup material longsoran dan atap seng tempat cucian milik warga terseret diterjang material longsoran yang mengakibatkan ruas jalan tertutup beserta material lumpur.

Kami telah menghubungi BPBD Kabupaten untuk nantinya membersihkan material longsor agar akses jalan bisa kita buka kembali, prioritas utama keselamatan warga diungsikan sementara kerumah sanak saudara yang aman dan malam ini kami berpatroli sekitar lokasi menghimbau masyarakat tetap waspada akan bahaya akibat curah hujan yang tinggi, pungkas Kapolsek.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *