Vaksinasi Massal Di Puskesmas Sijunjung, Polisi : Vaksinasi Sebagai Upaya Pencegahan

TNS – Pelaksanaan vaksinasi massal digelar di Puskesmas Sijunjung yang ditujukan untuk masyarakat di nagari yang ada di wilayah Puskesmas Sijunjung dengan target sebanyak 200 orang yang akan divaksin, tersebar di sejumlah nagari yang ada di Kecamatan Sijunjung.
Pada kegiatan vaksin massal yang digelar Puskesmas Sijunjung menyiapkan sebanyak 30 vial vaksin untuk 300 orang dan berlangsung selama beberapa hari kedepan.
Sinergisitas TNI-Polri dalam melaksanakan vaksinasi di Sijunjung berjalan dengan baik. Berkat sosialisasi yang diberikan anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas, pelaksanaan vaksinasi di hari pertama partisipasi masyarakat cukup bagus.
Kabag Ops Polres Sijunjung, AKP Dwi Yulianto menyampaikan, vaksinasi massal saat ini digelar secara gratis untuk masyarakat.
“Vaksinasi ini sebagai upaya pencegahan, dan kini diberikan gratis untuk masyarakat. Bisa saja nanti vaksin ini berbayar, jadi mari manfaatkan momen ini,” sebut AKP Yulianto, Selasa (22/6)
Disisi lain, pihaknya juga mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 tersebut sangat penting bagi masyarakat.
Kapolsek Sijunjung Iptu Barata Rahmat  menyampaikan, munculnya kemauan masyarakat untuk ikut vaksin muncul setelah upaya sosialisasi dan pendekatan yang dilakukan oleh anggota Polsek dan Koramil Sijunjung.
“Alhamdulillah dengan pendekatan dan sosialisasi yang kita lakukan kepada masyarakat sehingga partisipasi kehadiran pada hari pertama ini cukup banyak. Jumlah itu tersebar di setiap nagari yang ada dibawah binaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” tutur Kapolsek Sijunjung Iptu Barata.
Dikatakan, meyakinkan masyarakat untuk mau ikut vaksin tidaklah mudah sehinga harus bersinergi bersama-sama. “Berkat kerja keras anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam meyakinkan warga. Karena ini program nasional, sebagai bentuk usaha kita dalam memutus penyebaran Covid-19,” sebutnya.
Pihaknya mengimbau bagi masyarakat Kabupaten Sijunjung yang ingin ikut vaksin agar data ke Polsek terdekat dengan membawa KTP. “Bagi masyarakat Sijunjung yang ingin ikut vaksin silahkan datang ke Polsek terdekat, bawa KTP dan ikuti prosedurnya, tanpa dipungut biaya,” imbaunya.
Kepala Puskesmas Sijunjung drg. Deby Puriperta mengatakan, ketersediaan vaksin untuk vaksinasi massal di Puskesmas Sijunjung mencukupi. “Kita menyediakan sebanyak 300 vial vaksin, sedangkan target vaksin massal ini hingga 200 orang, meski demikian kita akan tetap melayani jika melebihi jumlah yang ditargetkan,” tuturnya.
Proses vaksinasi massal digelar dengan mewajibkan masyarakat untuk tetap menerapkan Prokes. “Setidaknya minimal 50 orang dalam sehari, semakin banyak semakin bagus. Vaksinasi dilakukan dengan penerapan Prokes,” ujarnya.
Meski demikian, pihaknya mengatakan bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Sijunjung tidak terganggu. “Pelayanan tetap seperti biasa, tidak ada terganggu karena kita sudah melakukan pembagian petugas kesehatan,” katanya.(*)
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *