Walikota Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang di Payakumbuh

TNS – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Ketupat Singgalang 2021, aparat gabungan yang terdiri dari personel Polres Payakumbuh bersama anggota dari Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, serta petugas kesehatan Kota Payakumbuh melaksanakan apel gelar pasukan di lapangan apel Mapolres Payakumbuh, Rabu (5/5/2021).

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi S.T, M.T dan didampingi Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira SH, S.I.K. serta dihadiri tamu undangan.

Operasi Ketupat Singgalang 2021 Polres Payakumbuh dengan tema “Melalui gelar pasukan Operasi Ketupat 2021, Kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah” dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai 6 hingga17 Mei 2021 mendatang.

Kegiatan Apel Gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi baik pada aspek personal maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait.

Dalam amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, yang dibacakan oleh Walikota Payakumbuh ada beberapa Penekanan antara lain, Pertama siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan menyiapkan segala Pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan yang maha esa.

Kedua Laksanakan deteksi dini dengan menciptakan dinamika dan fenomena yang berkembang, ketiga tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum ramadhan dan hari raya idul Fitri.

Ketiga laksanakan Pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik lengkap perlengkapan perorangan yang memadai, kelima laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara humanis terhadap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat tersebut Polres Payakumbuh melibatkan ratusan personil gabungan TNI, Satpol PP, Dinas perhubungan serta tenaga kesehatan yang akan di tempatkan di 3 Pos Pam ketupat yang ada di Kota Payakumbuh, hal itu sampaikan oleh AKBP Alex usai pelaksanaan gelar pasukan.

“Kita libatkan jajaran kita baik dari Polres maupun Polsek yang akan kita tugaskan di Pos Pam ketupat kita diantaranya Pos Pam Piladang, Pos Pam Pasar, dan Pos Pam Warna Warni, selain itu ada juga dari Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres juga mengatakan bahwa aktifitas masyarakat dibulan Ramadhan apalagi menjelang, pada saat, dan sesudah Hari Raya Idul Fitri tentu saja berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, antara lain gangguan kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan.

Oleh sebab itu, Polri menggelar Operasi Ketupat Singgalang 2021 untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H, dan di masa pandemic Covid-19.

“Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan mudik lebaran, dengan harapan meminimalisir penyebaran Covid-19”, pungkasnya. (Amel)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *