Penerimaan Polri TA 2021, Penandatanganan Pakta Integritas untuk Bintara dan Tamtama Telah Dilaksanakan

TNS – Penerimaan Polri untuk Tahun Anggaran 2021 telah dimulai secara serentak. Tahapan pelaksanaannya kali ini adalah penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh panitia, peserta dan orang tua (wali).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri dilaksanakan secara Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH memimpin jalannya pembacaan sumpah dan penandatanganan pakta integritas yang diikuti oleh calon peserta, panitia serta orang tua peserta, Selasa (13/4) di Mapolda Sumbar.

Pelaksanaannya juga melalui zoom meeting, yang diikuti oleh masing-masing peserta di Polres-polres yang dekat dengan tempat tinggal peserta.

Kapolda mengatakan, kepada panitia, peserta dan orang tua peserta seleksi mempunyai komitmen yang sama untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan seleksi penerimaan calon anggota Polri,” ucap Irjen Pol Toni Harmanto.

Dikatakan, diketahui bersama bahwa sumber daya manusia Polri merupakan salah satu unsur utama organisasi Polri dalam menentukan tegak berdirinya organisasi dan profesionalisme Polri, sehingga SDM Polri harus dikelola dengan baik.

“Pengelolaan SDM Polri harus bersih, jujur dan berkeadilan mulai dari hulu pada tahap rekrutmen sampai hilir saat pengakhiran dinas dengan menerapkan merit system yang didasarkan pada kapabilitas, kompetensi, komitmen dan integritas yang tinggi,” ujar Kapolda.

Dalam mencapai tujuan Polri yang profesional, modern dan terpercaya prinsip rekrutmen anggota Polri terpadu, Kapolda menyebut bahwa pihaknya mengutamakan asas “Clean and Clear”.

“Oleh sebab itu prinsip “BETAH” Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis harus benar-benar dilaksanakan dengan baik untuk menghasilkan karakter sdm polri yang unggul dan kompetitif,” pungkasnya.

Untuk pendaftar yang terverifikasi di Polda Sumbar diketahui sebanyak 4.424 orang, yang terdiri dari 3.663 orang pria dan 761 orang wanita dengan rincian sebagai berikut:

Bintara Polisi Tugas Umum sebanyak 3.979 orang (pria sebanyak 3.220 orang dan wanita sebanyak 760 orang);

Bintara Kompetensi Khusus terdiri dari:
– Bintara TI sebanyak : 116 orang;
– Bintara Bidan sebanyak : 1 orang;
– Bintara Rekpro (Rekrutmen Pro Aktif) sebanyak : 7 orang (pria sebanyak 6 orang dan wanita sebanyak 1 orang);

Tamtama Brimob sebanyak : 274 orang;
Tamtama Polair sebanyak : 47 orang.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *