POLISI DAN MASYARAKAT SULAP TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH JADI LAHAN HIJAU

TNS – Polisi dan masyarakat di Perumahan Mega Permai 1 Kel. Padang Sarai Kec.Koto Tangah Padang menyulap tempat pembuangan sampah menjadi lahan hijau.

Polisi yang bernama Aipda Juwaldi ini bertugas di Polsek Lubuk Alung sebagai Bhabinkamtipmas di Nagari Toboh Gadang Timur Polres Padang Pariaman bersama dengan masyarakat Mega Permai 1 ini menamai kegiatannya dengan Komunitas Lingkungan Manggarai.

Lahan yang luasnya hampir tiga hektar ini dulunya tempat pembuangan sampah dan Aliran Sungai yang dipenuhi sampah plastik serta limbah rumah tangga yang sering mengakibatkan banjir dan sumber penyakit, sekarang hampir satu hektar dijadikan lahan hijau yang Produktif dan bermanfaat .

Informasinya, Polisi bersama warga ini hampir tujuh bulan menyulap Aliran Sungai yang biasa tersumbat oleh sampah plastik dan limbah rumah tangga dari 2500 KK di komplek tersebut dan tempat pembuangan sampah ini menjadi lahan hijau dengan membersihkan sisa sampah yang tertimbun diwaktu sore hari dan saat hari libur.

Pantauan Tribrata News Sumbar,  Polisi dan masyarakat setempat berusaha mengeluarkan dan mengumpulkan sampah yang tertimbun dilahan tersebut yang kemudian lahannya akan ditanami tanaman sayur dan tanaman obat.

Adapun jenis tanaman yang ditanam dilahan itu, diantaranya cabe, singkong, jagung, kacang panjang dan lainnya. Yang hasilnya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Mega Permai.

Selain menjadikan tempat pembuangan sampah ini menjadi lahan hijau, juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya.

Seperti yang telah dilakukan Aipda Juwaldi bersama masyarakat ini, yaitu mendirikan pondok yang saat ini dipergunakan anak-anak setempat untuk taman baca dan kelas menggambar anak anak serta kegiatan bermain anak-anak setempat. Untuk itu ia sangat berharap ada bantuan untuk mendirikan pustaka mini dan sekaligus dilengkapi fasilitas belajar dan menggambar untuk anak-anak setempat.

Aipda Juwaldi berharap apa yang ia perbuat bersama masyarakat itu, bisa dicontoh masyarakat lainnya untuk peduli lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *