Polres Padang Panjang Berinovasi, Dirikan Taman Baca untuk Literasi Pendaftar SKCK

Tribratanewsumbar – Satuan Intelijen dan Keamanan (Satintelkam) Kepolisian Resor (Polres) Padang Panjang membuat sebuah inovasi berupa taman baca bagi masyarakat yang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kepala Satuan (Kasat) Intelkam Polres Padang Panjang, AKP Adrianto mengatakan, tujuan pihaknya membuat sebuah taman baca bagi masyarakat selain untuk meningkatkan literasi pendaftar SKCK, pihaknya juga ingin memberikan pelayanan prima di satuan yang ia pimpin.

“Jadi tujuan kami untuk meningkatkan pelayanan publik, pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, agar masyarakat yang mengurus SKCK tidak merasa jenuh ketika berada disini, tidak seperti berada di kantor polisi,” kata Adrianto, Rabu (10/2/2021).

Adrianto mengatakan, pustaka atau taman baca yang berada di ruang tunggu Satintelkam Polres Padang Panjang itu baru berdiri selama 10 hari belakangan.

“Pustaka ini masih baru, baru 10 hari belakangan ini, komposisi bukunya berisikan pengetahuan agama Islam, penegakan hukum, bahkan terkait cara pembibitan dan peternakan pun juga kami sediakan,” ucapnya.

Adrianto mengatakan, buku yang ada saat ini berasal dari Satintelkam Polres Padang Panjang, seperti sumbangan anggota dan beberapa buku ia klaim dibeli dengan uang pribadinya.

“Kendala kami tidak ada, malah kami dalam waktu dekat berencana akan mengirim buku yang ada disini untuk dikirim ke luar, seperti melibatkan Dinas Perpustakaan dan Arsip di Kota Padang Panjang ini,” ujarnya.

Selama beberapa hari sejak taman baca itu diresmikan dan pantauan pihaknya, masyarakat cenderung membaca buku tentang pemahaman agama dan penegakan hukum di kepolisian.

“Sejauh ini buku dengan tema keagamaan yang paling populer dibaca disamping buku tentang hukum dan ilmu kepolisian juga,” pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *