Kapolres Sijunjung Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Menjaga Kamtibmas Jelang Natal dan Tahun Baru

TNS – Dalam rangka menyamakan persepsi dalam menyambut perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, S.IK. M. Hum melaksanakan kegiatan tatap muka dengan unsur terkait dalam rangka mewujudkan stabilitas Kamtibmas yang mantap menjelang pelaksanaan Ops Lilin dan Perayaan Natal Tahun 2020 di Kabupaten Sijunjung, Jum’at (18/12).

Dalam kegiatan tatap muka tersebut, Kapolres Sijunjung didampingi Kasat Intelkam Iptu Alminazri bersama Anggota DPRD Kab. Sijunjung Indrawadi, Kakan Kesbangpol Kab. Sijunjung David Rinaldo S.STP, Unsur Forkopimcam Kec. Kamang Baru, Ketua MUI Kec. Kamang Baru Bustamam Habib S.Pd.M.Pd, Tokoh Agama Nagari Kamang Kawasan Timpeh (Transmigrasi) Kyai Jawaher, Wakil Ketua Pokdar Kec. Kamang Baru Parizal J Dt Bagindo Sutan, Wali Nagari Kunpar diwakili oleh Sekretaris Nagari, Wali Nagari Kamang Syafri, Ketua Senkom Noviandi Kec. Kamang Baru beserta anggota.

Dalam kesempatan tersebut juga dihadiri dari masing-masing Tokoh Agama dari umat Kristiani yang berada di Kec. Kamang Baru yakni, Indra Gunawan (Katolik), Wel Nainggolan dan PA. Burju Nainggolan (HKBP), serta puluhan jemaat umat Nasrani.

Dalam sambutannya, Kapolres Sijunjung mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kec. Kamang Baru dengan keberagaman masyarakat Kec. Kamang baru yang heterogen, para ninik mamak dan tokoh selama proses pilkada serentak Tahun 2020 dan menjelang perayaan Natal tahun ini dapat menjaga situasi aman kondusif dan sejuk.

”Pilkada Serentak Tahun 2020 masih berlangsung dan sebentar lagi kita akan dihadapkan pada Ops Lilin, Perayaan Natal dan Tahun Baru, kami menghimbau pada pertemuan ini untuk kita sama-sama menyepakati, menjaga kamtibmas dan menciptakan kerukunan umat beragama,” ucap Kapolres Sijunjung.

Dalam giat tatap muka ini, AKBP Andry Kurniawan menyampaikan pada alek Pilkada serentak Tahun 2020, tidak ditampik adanya dinamika-dinamika maupun persoalan-persoalan dan terjadi pengelompokan masyarakat untuk saling mendukung paslon jagoannya masing-masing. Hal ini kedepannya, kembali merajut persatuan kembali, demi Sijunjung yang maju dan jaya.

“Ninik mamak dan tokoh masyarakat agar dapat menjadi coolling sistem terhadap masyarakatnya dari perpecahan pasca pilkada, kalaupun ada perselisihan terkait pilkada salurkan pada jalur dan mekanismenya, pada lembaga yang berwenang,” jelasnya.

Masyarakat dalam proses Pilkada Serentak Tahun 2020 ini juga dihimbau agar jangan mudah terprovokasi terhadap isu yang tidak jelas, yang justru membuat perpecahan sesama masyarakat.

Kapolres juga mengajak masyarakat dan para tokoh di Kec. Kamang Baru serta umat Nasrani untuk bersama menjaga kerukunan umat beragama, adat istiadat yang berlaku didaerah tersebut dan apabila terjadi permasalahan dapat diselesaikan dengan cara musyawarah.

“Jangan sampai permasalahan natal di Kec. Kamang baru, muncul kembali kepermukaan seperti tahun sebelumnya,” imbuh Kapolres.

“Saya menghimbau dan mengajak, mari kita bersama-sama memberikan rasa aman, dan nyaman kepada sahabat atau teman kita yang beragama Nasrani agar bisa malaksanakan Hari Raya Natal dengan tenang, aman, nyaman dan damai,” tambah AKBP Andry.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *