Kapolda Sumbar Buka Diktuk Bintara Polri TA. 2020/2021

TNS – Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH membuka pendidikan dan pembentukan (Diktuk) Bintara Polri TA. 2020/2021, Selasa (17/11) pagi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sumbar.

Dalam upacara itu, Irjen Pol Toni membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si, dimana dalam momentum yang penuh dengan kebanggaan ini, selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, mengucapkan selamat kepada 11.208 calon Bhayangkara siswa, terdiri atas 10.648 pria dan 560 wanita, yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Polri secara serentak di Sekolah Polisi Wanita dan 31 SPN Polda jajaran.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari perjuangan saudara disertai doa dan dukungan orang tua dan keluarga, serta berkah dan karunia Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Kapolda Sumbar.

“Oleh karena itu wujudkan rasa syukur melalui komitmen untuk melaksanakan pendidikan dengan penuh semangat, kesungguhan, dan integritas,” tambah Kapolda membacakan amanat Kapolri.

Dikatakan, diketahui bersama bahwa program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri tahun 2020/2021 ini dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19. “Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan penanganan khusus dan saksama dalam proses penyelenggaraan pendidikannya,” sebutnya.

Lanjutnya, efektivitas proses pendidikan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan dengan menerapkan prinsip pendidikan yang Sehat – Efektif – Berkualitas.

“Aspek kesehatan tetap menjadi prioritas utama untuk menjamin proses pendidikan berjalan dengan baik sehingga dapat mewujudkan Sumber Daya Manusia Polri yang berkualitas unggul dan berbudi pekerti luhur,” jelasnya.

“Dengan jumlah mencapai 80% dari jumlah total anggota Polri, Bintara Polri menjadi etalase institusi di mata publik,” ujarnya kembali.

Maka dari itu, Kapolri menekankan bahwa calon Bhayangkara siswa nantinya akan menjadi tulang punggung pelaksanaan tugas Polri yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Oleh karena itu, diharapkan melalui pendidikan ini, dapat mencetak anggota Polri yang siap kerja dan siap operasional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucap Irjen Pol Toni Harmanto.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kalemdiklat Polri yang telah banyak melakukan inovasi pola dan metode pendidikan dan pelatihan Polri, sehingga meskipun dalam masa pandemi Covid-19 namun tetap bisa berjalan dengan baik.

“Kepada para KA SPN Polda dan KA Sepolwan Lemdiklat Polri agar melaksanakan program pendidikan ini dengan saksama sesuai standar yang telah ditetapkan,” tutupnya.

Dalam berlangsungnya upacara pembukaan Diktuk Bintara Polri di masa pandemi Covid-19, terlihat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan seluruh peserta menggunakan masker.

Upacara juga dihadiri oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si, dan Pejabat Utama Polda Sumbar.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *