Akses Jalan Terhambat, Polisi Bantu Bersihkan Material Pohon Tumbang dan Tanah Longsor di Tarusan Pessel

TNS – Curah hujan dengan intensitas yang tinggi sejak kemarin sore hingga malam di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mengakibatkan terjadinya beberapa musibah bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang, Rabu (24/9).

Informasi yang diperoleh, tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di jalan lintas Padang – Painan, tepatnya di Siguntur Kecamatan Tarusan.

“Ada tiga titik lokasi longsor dan pohon tumbang disitu. Mengakibatkan kemacetan jalan Padang ke Painan,” kata Kasat Lantas Polres Pessel Iptu Hendrianto, S.Ik.

Dikatakan, setelah mendapatkan informasi adanya tanah longsor tersebut, petugas dari Polres Pessel bersama Polsek Koto XI langsung menuju lokasi kejadian untuk memberikan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas.

Dengan menggunakan alat seadanya seperti cangkul, parang dan skop, petugas kepolisian bersama masyarakat membantu membersihkan material tanah dan ranting-ranting pohon yang telah menutup jalan.

“Kita upayakan dahulu untuk buka tutup jalan, sehingga meminimalisir kemacetan panjang,” ungkapnya.

Tidak lama kemudian, petugas dari BPBD Kabupaten Pessel datang ke lokasi. Dengan menurunkan dua unit alat berat excavator, sehingga material tanah bisa dengan cepat dibersihkan.

“Sekitar pukul 01.30 WIB, akses lalu lintas jalan Padang ke Painan sudah kembali normal dan lancar,” pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *