Pelaku yang Mengaku Wakapolda Lampung dan Bisa Meluluskan Masuk Polisi Ditangkap Polres Solok Kota

TNS – Polisi gadungan yang mengaku sebagai Wakapolda Lampung, DH (49) warga KTK Kota Solok berhasil ditangkap Satreskrim Polres Solok Kota. Ia menipu korbannya dengan menjanjikan bisa meloloskan anak korban menjadi anggota Polisi, asalkan membayar dengan sejumlah uang.

“Pelaku ditangkap di Solok pada hari Rabu tanggal 16 September 2020 sekira pukul 22.30 WIB,” kata Kapolres Solok Kota AKBP Feri Suwandi, S.Ik melalui Paur Humas Ipda Yessi.

Penangkapan tersangka berdasarkan laporan dari korban, warga Jorong Simpang IV Nagari Batu Bajanjang Kec. lembang Jaya Kab. Solok.

Sementara, Kasat Reskrim Iptu Deprianto mengatakan, penipuan berawal korban berkenalan dengan seorang laki-laki inisial E (DPO) dan berlanjut tawaran bahwa E punya paman yang sedang menjabat Wakapolda Lampung dan bisa memasukan anak korban menjadi polisi.

Kemudian E memberikan nomor HP pamannya tersebut dan korban menghubungi tersangka DH yang mengaku sebagai Wakapolda Lampung, sehingga korban percaya terhadap tersangka.

Selanjutnya, tersangka meminta uang kepada korban sebanyak Rp.100.000.000 (seratus juta rupiah), namun bisa dengan cara mencicilnya. Sehingga korban telah mengirimkan uang dengan total keselurahan sejumlah Rp.106.900.000,- kepada tersangka melalui rekening Bank Mandiri atas nama RS.

Setelah pelapor mengirimkan uang tersebut kepada tersangka, namun anak korban tidak lulus tes Polisi. Sehingga korban langsung menghubungi tersangka untuk menanyakan kenapa anaknya tidak juga lulus tes Polisi, namun tersangka tidak bisa dihubungi.

Merasa ditipu, korban akhirnya melaporkan tersangka ke Polres Solok Kota.

“Tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman pidana 4 Tahun Penjara,” ujar Kasat Reskrim Polres Solok Kota.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *