Ops Patuh Singgalang Polres Payakumbuh, Pelanggaran Lalu Lintas dan Kasus Lakalantas Menurun

TNS – Operasi Patuh Singgalang 2020 yang dilaksanakan selama pandemi Covid-19 di Polres Payakumbuh, terhitung mulai tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus yang lalu, berjalan aman, tertib dan lancar.

Operasi kepolisian dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas selama 14 hari tersebut, sebanyak 491 lembar tilang dikeluarkan oleh jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Payakumbuh.

Pemberian tilang dilakukan terhadap pelanggar lalu lintas, sesuai dengan 8 pelanggaran prioritas yang ditetapkan oleh Polda Sumbar. Diantaranya tidak menggunakan helm, tidak memasang sabuk pengaman, knalpot racing, melawan arus hingga berkendara ugal-ugalan.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik. MH menuturkan, selama operasi berlangsung pada tahun ini terjadi penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Begitupun dengan jumlah angka kecelakaan lalu lintas yang juga ikut turun.

“Pada tahun 2020 penindakan (tilang) sebanyak 491, sedang tahun 2019 sebanyak 800. Kasus lakalantas tahun ini juga turun, dimana terjadi 3 kasus dan tahun sebelumnya terjadi 4 kasus,” katanya, Jumat (7/8).

Walaupun terjadi penurunan, dirinya terus mengingatkan kepada jajarannya untuk selalu memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat, terkait pentingnya keselamatan berlalu lintas dengan disiplin dan mematuhi aturan-aturan berlalu lintas.

“Mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas salah satunya dengan mematuhi aturannya. Untuk itu mari kita sikapi dan ikuti,” pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *