Blusukan ke Pasar, Kapolres Sijunjung Bagikan Masker kepada Masyarakat

TNS – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan S.Ik. M.Hum kembali blusukan ke pasar tradisional untuk membagikan masker dan cairan pembersih tangan.

Setelah sebelumnya di Pasar Inpres Muaro, kali ini pucuk pimpinan Polres Sijunjung tersebut mengunjungi pasar rakyat Kenagarian Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kamis (30/7) siang waktu setempat.

Selain memantau situasi Kamtibmas menjelang Idul Adha di Pasar Sijunjung tersebut, jajaran PolresSijunjung juga membagi-bagikan masker secara gratis kepada pedagang maupun pembeli, serta pengguna jalan di Pasar Sijunjung untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Pembagian ratusan masker ini merupakan implementasi dan dukungan Kepolisian terhadap program pemerintah dalam upaya menekan angka penularan virus corona, khususnya di Kabupaten Sijunjung,” kata AKBP Andry Kurniawan didampingi Kapolsek Sijunjung Iptu Barata, Kasatlantas Iptu Ghanda, Camat Sijunjung Khalfian dan Kepala Puskesmas Sijunjung drg. Debby.

Kapolres menambahkan, pasar merupakan salah satu lokasi vital penggerak ekonomi masyarakat. Dimana bisa dipastikan banyak masyarakat atau warga yang datang dan beraktivitas, yang jika tidak diperhatikan bisa berpotensi menjadi media penularan Covid-19.

“Itu sebabnya, jajaran Kepolisian saat ini sangat concern melakukan edukasi protokol kesehatan menyasar tempat-tempat keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan maupun fasilitas umum lainnya,” ujarnya.

Selain Itu, Polres juga memberikan edukasi untuk mencegah penularan Covid-19 dengan selalu mengindahkan imbauan pemerintah. “Kami berharap masyarakat melaksanakan imbauan pemerintah, menjaga jarak aman dengan pembeli, serta selalu berperilaku hidup sehat dan rajin mencuci tangan. Gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, tetap di rumah, boleh keluar rumah jika penting,” ajaknya.

Sementara itu, Kapolsek Sijunjung Iptu Barata mengatakan bahwa situasi Kamtibmas di wilayah Polsek Sijunjung dalam keadaan aman dan terkendali, termasuk keamanan di Pasar Sijunjung menjelang hari raya Idul Adha.

“Untuk pencegahan dan penyebaran Covid-19, Polsek Sijunjung bekerjasama dengan Puskesmas Sijunjung setiap hari mensosialisasikan kepada warga masyarakat agar menggunakan masker saat bepergian, dan mencuci tangan serta menerapkan protokol Covid-19 dalam kehidupan sehari hari demi memutus mata ranta penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Aksi bagi masker tersebut ternyata mendapat respon positif dan apresiasi dari masyarakat yang sedang berbelanja di pasar tersebut. Salah satunya, Eldawati (45) yang merupakan salah seorang pedagang di Pasar Sijunjung. Ia menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada jajaran Polres Sijunjung yang sudah ikut memberikan edukasi bagi masyarakat terkait protokol kesehatan.

“Selaku pedagang dan warga masyarakat, kita sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kepolisian. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dan diharapkan bisa dilakukan setiap saat agar kesadaran masyarakat tentang bahaya virus corona semakin meningkat,” ungkapnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *