Kunjungi Pasar Ternak Palangki, Kapolres Imbau Warga Waspadai Curnak

TNS – Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan pencurian hewan ternak (Curnak) menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sijunjung AKBP Andry Kurniawan S.Ik. M.Hum mengunjungi Pasar Ternak Palangki, Sabtu (25/7).

Dalam kunjungannya, selain memantau situasi Kamtibmas, Kapolres juga menyempatkan diri untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat, baik kepada pedagang maupun kepada peternak sapi.

“Demi terselenggaranya kamtibmas yang kondusif menjelang hari raya Idul Adha 1441 H, kami menghimbau kepada para peternak, penjual dan pembeli hewan ternak agar selalu waspada dengan aksi kejahatan disekitar lingkungannya,” kata Kapolres.

Dimana kata Kapolres, keamanan dan ketertiban tidak akan mampu dicapai, apabila tidak didukung oleh peran aktif dari masyarakat. Apalagi juga ikut menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

AKBP Andry menyebut, kepolisian (Polri) terus berbenah dan terbuka kepada masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat sebagaimana program Nawacita Presiden RI serta program Promoter Kapolri. Dimana anggota Polri merupakan representasi negara yang harus benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat dan kehadirannya itu dapat dirasakan serta memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

“Terkait kasus pencurian ternak hingga saat ini memang belum ada. Namun, tetap saja kita selalu meningkatkan pengawasan demi terjaganya Kamtibmas di tengah tengah masyarakat. Karena, upaya tindakan pidana harus kita cegah sedini mungkin,” ujarnya.

“Jika ada, cepat berkoordinasi dengan kepolisian. Selain itu, tentu menjaga ternak sebaik mungkin, jangan melepas sembarangan,” imbau Kapolres menambahkan.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Ternak palangki Fahrizal menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Sijunjung besera jajaran yang ikut turun langsung melakukan himbauan kepada para peternak, penjual dan pembeli hewan ternak yang bertransaksi di Pasar Ternak Palangki.

Dengan ini, kamtibmas yang kondusif bisa terlaksana jika seluruh elemen masyarakat bekerjasama dalam penindak kejahatan dan kriminal lainnya.

Dalam kunjungannya, Kapolres didampingi Kapolsek IV Nagari Iptu Dian Jumes Putra, Camat IV Nagari Nasrul S.Pd, Danramil 06 Palangki yang diwakili Serda Windra Yani, Wali nagari Palangki Jasman dan Kepala Puskesmas Muaro Bodi diwakili Elvia Nora.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *