Pantau Situasi Kamtibmas, Kapolres Sijunjung Silaturahmi ke Nagari Kampung Dalam Kec. Lubuk Tarok

 

TNS – Untuk mengetahui langsung situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tengah masyarakat, Kapolres Sijunjung berkunjung ke Nagari-nagari yang berada wilayah hukumnya.

Tadi siang, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, S.Ik. M.Hum mengunjungi Nagari Kampung Dalam, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sabtu (27/6)

Kedatangan orang nomor satu di Polres Sijunjung ini, ternyata disambut dengan tari gelombang yang sangat meriah. Dengan senyuman manisnya, AKBP Andry langsung menerima suguhan daun sirih yang merupakan ciri khas penyambutan tamu kehormatan di Minangkabau.

Usai penyambutan dengan tari gelombang, selanjutnya Kapolres melaksanakan pertemuan dengan Camat Lubuk Tarok, yang dihadiri oleh Kapolsek Lubuk Tarok, tokoh masyarakat dan bundo kandung se Nagari Lubuk Tarok.

Dalam pertemuan tersebut, Wali Nagari Kampung Dalam berharap Kepada Kapolres Sijunjung agar diadakan pembinaan terhadap warganya terkhusus para remaja (generasi muda) dibidang kenakalan remaja dan tertib berlalu lintas.

“Dengan maraknya Narkoba, kami ingin adanya pembinaan kepada generasi muda disini oleh Polres Sijunjung, dan hal-hal lainnya yang menyangkut tentang Kamtibmas,” ujarnya.

Kemudian, salah satu Tokoh masyarakat setempat, Saldinafri, S.Ag. MA menyampaikan kepada Kapolres bahwa Nagari Kampung Dalam merupakan Nagari beradat, yang aman nyaman berkat kepedulian Bhabinkamtibmas, Forum Kemitraan Polisi Masyaraat (FKPM) dan Polsek Lubuk Tarok.

Sementara, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan sebelum memberika sambutannya, dirinya menyempatkan memperkenalkan diri selaku Kapolres Sijunjung yang baru. Dihadapan yang hadir, AKBP Andry menyampaikan sebagai orang yang mempunyai adat tentu sangatlah berperan penting dalam tatanan kehidupan baru di Sumbar, khususnya di Kampung dalam Kabupaten Sijunjung.

“Bersama kita bangun nagari ini menuju new normal, dengan mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya bersama-sama mencegah penyebaran virus corona,” katanya.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari dan seluruh warga dengan sinergitasnya bersama Polri untuk menjaga kamtibmas.

“Harus dijaga dan ditingkatkan, Polri sekarang sudah berubah. Jadikan polisi sebagai konsultan, teman dan jangan jadikan polisi musuh,” ujarnya.

Terhadap FKPM, AKBP Andry berharap sebisanya diadakan balainya supaya bisa menyelesaikan masalah kecil yang ada di Nagari, dengan berkerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Terhadap program polisi masuk sekolah, akan kembali digalakkan. Ini diadakan untuk menghambat kenakalan remaja yang sangat marak sekarang ini,” pungkasnya. (*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *