Polres Payakumbuh Terima Kunjungan Polres Pasaman dalam rangka Studi Tiru Ketahanan Pangan

TNS – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik dan bersama pejabat utama Polres Payakumbuh menyambut kedatangan rombongan dari Polres Pasaman, Jumat (19/6) siang.

Kedatangan rombongan Polres Pasaman yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKP Yonihandra, SH, Kasat  Binmas, Iptu Rusdi dan Kasubbag Logistik AKP ZulKifli tersebut, diketahui dalam rangka melakukan kunjungan studi tiru terkait sistem ketahanan pangan yang dilakukan oleh Polres Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan sangat merespon kedatangan Kasat Sabhara Polres Pasaman dan rombongan, ini terlihat saat baru tiba di Mako Polres Payakumbuh, AKBP Dony langsung mengajaknya untuk melihat Taman Ketahanan Pangan Polres Payakumbuh.

Selanjutnya, Kapolres kembali membawa rombongan tersebut ke Kampung Tangguh Nusantara yang terletak di Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Didampingi Wakapolres Payakumbuh Kompol Jerry Syahrim dan PJU Polres Payakumbuh, AKBP Dony menerangkan tentang teknik pembuatan, perawatan dan pengumpulan  hasil Taman Ketahanan Pangan yang memanfaatkan lahan kosong di Belakang Gedung Utama.

“Lahan yang kosong, kita manfaatkan semaksimal mungkin. Mulai dari bidang pertanian, peternakan hingga perikanan demi menjaga ketahanan pangan,” kata Kapolres Payakumbuh.

Dikatakan, jenis tanaman yang ada di Taman Ketahanan Pangan Polres Payakumbuh diantaranya cabai, terong, sawi, kol, dan jeruk. Kemudian untuk peternakan pihaknya memelihara ayam petelur.

Selai itu, AKBP Dony yang mendapat apresiasi dari Kapolda Sumbar dan Gubernur Sumbar terkait menjaga ketahanan pangan ini juga mengungkapkan bagaimana upaya Polres Payakumbuh yang berhasil membangun Kampung Tangguh Nusantara dengan memberdayakan Personil Polres Payakumbuh yang dipercayakan sebagai RW dan RT di Lingkungan Perumnas Kubang Gajah.

“Personel tersebut memberikan edukasi kepada warganya hingga berdirinya Posko Relawan Mandiri Covid-19. Serta menciptakan Kampung Tangguh Nusantara sebagai penunjang ketahanan pangan mandiri masyarakat sekitar,” pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *