Polisi Peraih Kalpataru ini Jaga Ketahanan Pangan dengan Budidaya Ikan, Hasilnya Dibagikan kepada Warga

 

TNS – Salah satu perwira polisi yang menjabat sebagai Wakapolsek Luhak Polres Payakumbuh, kembali memanfaatkan lahannya untuk membudidayakan ikan. Ratusan ribu ekor ikan berbagai jenis ada di kolam yang telah dibuatnya sejak ia tempati.

Iptu Alaswandi namanya. Polisi penerima Kalpataru dari Presiden Republik Indonesia tahun 2014 dengan kategori Pengabdi Lingkungan Hidup, telah mengabdikan dirinya untuk pelestarian lingkungan hidup.

Dirinya bercerita, bahwa telah mengubah lahan tandus menjadi tempat wisata yang diberi nama Ngalau Tabuah, yang berlokasi di Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kab. 50 Kota.

“Saya sebagai Bhabin disini dulu pangkat Bripka, jadi saya ditugaskan disini untuk mengantisipasi masyarakat dalam keamanan di wilayah hukum Polsek Luhak atau Polres Payakumbuh. Lalu saya membeli sebidang tanah tahun 2003, maka tanah tersebut saya olah menjadi perikanan”, kata Iptu Alaswandi.

Dikatakan, usai membeli sebidang tanah itu, dirinya telah membuat saluran irigasi secara mandiri. Membelokkan arah air dari sumber air gunung, sehingga dapat membantu masyarakat untuk mengairi sawah milik warga seluas kurang lebih 75 Hektar.

“Pada tahun 2003, saya mulai mengolah saluran irigasi tersebut. Selain dimanfaatkan mengairi persawahan masyarakat seluas 75 Hektar, saya juga manfaatkan untuk membudidayakan ikan kurang lebih sebanyak 100.000 ekor,” ujarnya.

Ikan yang dibudidayakan ini terdiri dari 50.000 ikan patin,  40.000 ikan nila dan 10.000 ikan mas. Saat Iptu Alaswandi memanen ikan-ikan, tak lupa ia membagikannya kepada warga masyarakat.

“Dan saat siap panen, tak lupa kita membagikan hasilnya dengan masyarakat sekitar,” terangnya.

Dalam rangka memasuki masa normal baru (New Normal), beberapa personel Polres Payakumbuh juga telah melakukan berbagai inovasi untuk menjaga ketahanan pangan. Selain menjaga ketahanan, hasilnya (panen) juga dibagikan kepada warga yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19.

Sementara, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik mengapresiasi kepada seluruh personel yang ikut berinovasi menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19. Seperti Iptu Alaswandi yang berdedikasi kepada masyarakat.

Dirinya mengajak kepada seluruh jajarannya, agar ikut serta menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi lebih produktif, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat membantu dan meringankan beban masyarakat.

“Saya menghimbau kepada seluruh jajaran untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk melaksanakan program ketahanan pangan ini,” ucapnya.

Kedepannya, program ketahanan pangan ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber daya dalam memenuhi kebutuhan pangan di tengah masa pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi.

“Bagaimana caranya keberadaan kita dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” pungkas Kapolres AKBP Dony. (*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *