Kapolres Sijunjung Kunjungi Tempat Inovasi Milik Personelnya

TNS – Melihat terobosan dan inovasi yang dibuat oleh anggotanya, Kapolres Sijunjung Andry Kurniawan, S.Ik, M.Hum bersama Wakapolres Sijunjung Kompol Indra Sandy Purnama, S.Ik dan Kabag Ops pergi mengunjungi rumah dan tempat inovasi tersebut.

Awalnya, Kapolres beserta rombongan pergi ke Nagari Padang Laweh Selatan Jorong Tangah Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung, tepatnya di rumah Aiptu Fery Haryanto, Rabu (3/6).

Diketahui, Aiptu Fery mengelola madu Klanceng (trigona). Usahanya tersebut telah dilakukan lebih kurang 6 bulan. Melihat hasil yang cukup memuaskan, Aiptu Fery telah mengajak warga dilingkungan tempat tinggalnya untuk mengikuti usahanya.

Untuk memdapatkan klanceng (galo-galo bahasa minang) sangatlah mudah. Dimana, Aiptu Fery memberdayakan masyarakat untuk berangkat ke hutan mencari sarang klaceng di pohon kayu, satu potongan kayu yang berisikan sarang klanceng di hargai Rp. 250.000.

Sekarang ini, Aiptu Fery telah memiliki lebih kurang 100 pokok kayu sarang Klanceng trigona dengan penghasilan saat tanpa musim maksimal 10 botol dengan isi 250 ml yang harganya mencpai Rp. 250.000.

“Pengelolaan ini adalah usaha sampingannya. Madu ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh dan libido,” kata Kapolres melalui Kasubbag Humas Iptu Nasrul Nurdin.

Kemudian, Kapolres dan rombongan mengunjungi usaha Bripka Asmadi di Jorong Koto Baru Nagari Koto Baru, Kecamatan IV Nagari.

Disana, Bripka Asmadi mempunyai 15.000 ayam petelur. Usahanya tersebut juga telah membantu masyarakat, dimana dengan usahanya itu ia telah memiliki 15 orang pekerja yang notabene merupakan warga sekitar.

Ada juga personel Polsek Lubuk Tarok Bripka Iswahyudi. Dirinya memiliki lahan sawah yang berada di Nagari Lubuk Tarok, dan saat sekarang telah panen disaat masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Aipda Ondrianto yang memiliki kebun jagung di Nagari Pamuatan dengan luas lebih kurang 5 hektar. Jagung ini sangat dibutuhkan sekali oleh para peternak ayam yang ada di Kabupaten Sijunjung hingga di wilayah Payakumbuh.

Melihat inovasi yang dilakukan oleh personelnya, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan sangat mengapresiasi. Apalagi, usaha yang dilaksanakan anggotanya ini juga membantu masyarakat

Dalam kesempatan ini, Kapolres mengajak personelnya serta masyarakat untuk dapat mencontoh usaha ini, seperti galo-alo alias klanceng yang sangat banyak di daerah ini. Memanfaatkan lahan kosong dengan menanam jagung, menghidupkan sawah, namun dengan kemauan dan semangat yang tinggi.

“Kata kuncinya adalah bermodalkan kemauan dengan membuktikan hasil yang menjanjikan dalam rangka pilar ketahanan pangan,” pungkas AKBP Andry Kurniawan melalui Kasubbag Humas.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *