Jaga Ketahanan Pangan, Bhabinkamtibmas Polres Bukittinggi Ajak Warga Manfaatkan Lahan Non Produktif

TNS – Pangan menjadi sektor penting di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Bahkan Badan Pangan Dunia Food Agriculture Orgazation (FAO) telah mengingatkan bahwa dunia di ambang krisis pangan.

Presiden Jokowi menekankan bahwa ketahanan pangan sangat penting, terutama terkait dengan kesiapan produksi pangan hingga pendistribusiannya.

Untuk itulah jajaran Polres Bukittinggi telah melakukan upaya antisipasi terhadap pangan tersebut akibat dari dampak dari pandemi Covid-19.

Mulai dari sosialisai/himbauan kepada masyarakat tentang kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan seperti menjaga jarak, selalu menggunakan masker serta rutin mencuci tangan, sampai dengan kegiatan kemanusiaan berupa bakti sosial pembagian bahan pangan/sembako.

Dalam upaya kesiapan menyongsong New Normal sebagai tatanan kehidupan baru untuk melawan Covid-19, Polres Bukittinggi secara runtin lakukan langkah-langkah penghimbauan kepada masyarakat. Selain upaya tersebut diatas jajaran Polres Bukittinggi juga melakukan inovasi berupa penguatan ketahanan di bidang pangan untuk menjaga berjalannya roda perekonomian dan kehidupan masyarakat.

Salah satu bentuk upaya menjaga berjalannya roda perekonomian serta menjaga ketahanan pangan di wilayah binaannya, salah seorang Bhabinkamtibmas Polres Bukittinggi Aipda Junaldi yang merupakan Bhabinkamtibmas Nagari Koto Tinggi Kec. Baso Kab. Agam merangkul Warganya untuk bercocok tanam bawang merah.

Dengan memanfaatkan lahan non produktif, Aipda Junaldi dengan gigihnya berhasil menyulap dua lahan di lokasi berbeda dengan luas 900 M² di Koto Marapak, Kecamatan Baso, dan 625 M² di Koto Gadang, Kecamatan Baso, yang dapat menghasilkan kurang lebih 250 Kg bawang merah sekali panen.

Kapolres Bukittinggi Akbp Iman Pribadi Santoso, Sik.M.H, didampingi oleh Kapolsek Baso Iptu Yustian Syaiful, SH, sangat mengapresiasi karya/langkah yang telah dilakukan oleh salah seorang personil Bhabinkamtibmas Aipda Junaldi, saya sangat apresiasi, program ketahanan pangan yang telah di lakukan Aipda Junaldi ini sangat penting untuk dikembangkan dan dikelola dengan baik. Kebutuhan akan bahan pangan merupakan faktor utama untuk menjaga keberlangsungan kehidupan manusia, untuk itu sekali lagi sangat saya apresiasi, ucap Kapolres Bukittinggi mengakiri. (HumasResBkt)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *