Bhabinkamtibmas Polres Bukittinggi Wakafkan 1 Ton Bawang Hasil Kebun Sendiri

TNS – Pangan merupakan penjamin kehidupan, sedangkan lingkungan merupakan penjamin keberlanjutan pembangunan. Penyelamatan ketahanan pangan dan jaminan keberlanjutan lingkungan (ekologis) merupakan dua hal yang harus dihadirkan bersama. Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, tantangan semakin berat dalam menghadirkan keduanya sekaligus.

Lingkungan yang menjadi media utama penghasil pangan daya dukungnya terbatas. Keterbatasan tersebut terjadi baik secara kuantitas maupun kualitas. Sebaliknya kebutuhan manusia akan pangan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk dan gaya hidup boros manusia.

Dalam situasi saat seperti tersebut diatas, maka Personil Polres Bukittinggi melalui Bhabinkamtibmas melakukan aktifitas berkebun untuk ketahanan pangan menghadapi pandemik Covid-19, sebagaimana yang dilakukan Bhabin Koto Tinggi Baso Aipda Junaldi.

Pada saat dilakukan kunjungan ke kebun ketahanan pangan Rabu 03/06/2020, sedang dilaksanakan panen bawah merah kampung, dengan luas kebun bawang merah kampung tersebut dengan luas 1.200 m2.

Dalam kegiatan kebun ketahanan pangan tersebut, Kapolres ikut melaksanakan panen di lokasi.
Menurut keterangan Aipda Junaldi bahwa hasil dari kebun ketahanan pangan tersebut menghasilkan sebanyak 2(dua) ton bawang merah kampung.

Dari pantauan tim Humas Polres Bukittinggi, Aipda Junaldi yang keseharian menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Koto Tinggi Baso Kab. Agam sangat telaten dalam mengolah hasil panen tersebut.

Atas bimbingan Kapolres Bukittinggi Akbp Iman Pribadi Santoso, Sik.M.H, Aipda Junaldi menyerahkan sebanyak 1 (satu) ton bawang merah kampung hasil panen ladangnya kepada Polres Bukittinggi untuk nantinya di salurkan kepada masyarakat secara cuma-cuma untuk menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

Alhamdulillah semoga apa yang saya berikan bisa bermanfaat bagi masyarakat di situasi saat ini yang mana kebutuhan akan bahan Pangan sangat di perlukan oleh masyarakat, ucap Aipda Junaldi.

Kapolres Bukittinggi sangat mengapresiasi tindakan kepedulian yang dilakukan Aipda Junaldi yang dengan ikhlas menyerahkan hasil panen bawang kepada Polres Bukittinggi untuk nantinya akan kita salurkan kepada yang membutuhkan.

Apresiasi tidak hanya dari Kapolres Bukittinggi, Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, MH melalui Video Call lansung juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Aipda Junaldi atas inovasi yang telah dilakukan yang mana telah merangkul kelompok tani dalam memanfaatkan lahan untuk di olah dan menghasilkan hal yang bermanfaat bagi masyarakat.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *