Polda Sumbar Jadikan Operasi Keselamatan Singgalang 2020 menjadi Operasi Kemanusiaan

TNS – Pada Operasi Keselematan Singgalang 2020 ini, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik menyampaikan bahwa Polda Sumbar dan jajaran tidak melakukan penindakan. Namun, kepolisian menjadikan operasi tersebut sebagai operasi kemanusian ditengah wabah Covid-19.

Hal itu disampaikan Kabid Humas saat menggelar konferensi pers secara online, Rabu (8/4) di Mapolda Sumbar, yang didampingi oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sumbar AKBP Dian Nugraha, S.Ik.

Sementara, AKBP Dian Nugraha menyampaikan untuk giat penindakan turun 160 persen, dimana sebelumnya tetap dilakukan penindakan sehingga saat Operasi Ketupat nantinya masyarakat sudah paham.

Lanjutnya, pada tahun ini Ditlantas Polda Sumbar tidak melasanakan razia, karena semua kegiatan dialihkan untuk memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat, pembagian sarung tangan, masker dan sebagainya.

“Satu lagi, yang penting bagaimana kita menjaga pengawalan sembako untuk masyarakat, itu yang sangat penting. Menjadi ladang amal bagi kita semua, bahwa Ditlantas menggunakan Operasi Keselamatan Singgalang 2020 sebagai operasi kemanusiaan,” katanya.

Kemudian, dalam Operasi Keselamatan Singalang 2020 yang saat ini telah berjalan dan dilaksanakan selama 14 hari (6 April 2020 hingga 19 April 2020), targetnya adalah mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif.

“Sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengakibatkan penularan virus Covid-19,” ucapnya.

Dirinya menyampaikan, pada operasi tersebut personel harus melakukan deteksi dini, lidik, dan pemetaan terhadap lokasi yang rawan terhadap penyebaran virus Covid-19.

“Selain itu, juga melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat terhadap bahaya Covid-19, dengan sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, di media cetak, elektronik dan dan sebagainya,” pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *