Kapolda Sumbar beserta Gubernur Kunjungi Labor Biomedik Unand

TNS – Melihat perkembangan kesiapan kampus Unand dalam pemeriksaan Covid-19, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berkunjung ke
Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-Unand) Padang, Selasa (24/3).

Diketahui, laboratorium biomedik Unand mulai memeriksa 16 sampel swab hidung dan tenggorokan pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona (Covid-19).

Pemeriksaan sampel yang dikirimkan dari rumah sakit (RS) rujukan melalui dinas kesehatan tersebut, untuk memastikan apakah pasien tersebut positif terpapar Covid-19 atau tidak.

“Insya Allah, hari ini (24/3) sudah mulai dilakukan pemeriksaan atau diagnosa (swab) pasien untuk memastikan apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Untuk tahap awal, diperiksa sebanyak 16 sampel pasien dari RSUP M Djamil Padang sebagai salah satu RS rujukan di Sumbar.

“Diutamakan pasien PDP (pasien dalam pengawasan) yang ada di RSUP M Djamil. Data kemarin 15 (pasien), tadi saya cek data terakhir ada tambahan satu lagi,” ungkapnya.

Hasilnya, dari informasi pihak laboratorum bisa diketahui dalam waktu 24 jam. “Nanti pihak laboratorium yang menyampaikannya ke Dinas Kesehatan Pemprov Sumbar. Hasilnya juga akan tetap dikirim ke Litbangkes Kemenkes untuk dicocokkan dengan sampel yang telah dikirimkan ke sana,” jelas Gubernur.

Dalam kesempatan ini, gubernur juga mengungkapkan agar lebih banyak swab pasien yang bisa diperiksa termasuk orang dalam pemantauan (ODP), laboratorium masih butuh peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) dan beberapa alat kesehatan lainnya sebagai pendukung pemeriksaan.

“Jika (peralatan) itu terpenuhi, swap pasien ODP pun bisa diperiksa di laboratorium ini,” imbuhnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *