Sinergi Bersama Antisipasi Bencana Longsor, Polsekta Payakumbuh terima Bibit Vetiver dari Koramil 01/Pyk

TNS – Dalam rangka mitigasi bencana longsor yang sering terjadi di wilayah Kodim 0306/50 Kota dan Polres Payakumbuh, Danramil 01/Pyk, Kapten Czi Joni Forta serahkan bibit vetiver (akar wangi) kepada Polsekta Payakumbuh yang diterima Kapolsek AKP Julianson di kantor Koramil, Jumat (13/3).

Bibit akar wangi yang dipercaya mampu mengurangi erosi pada tanah yang mudah terkikis dan tidak stabil ini, diserahkan oleh Danpos Pelda Asmarul Aksas dan Pelda Johan Dalizaro Harefa beserta Babinsa lainnya kepada Kapolsekta Payakumbuh.

“Kita bersinergi bersama instansi pemerintah daerah, instansi vertikal, maupun Polri, dengan harapan ke depannya banyak bibit vetiver ditanam di daerah-daerah yang rawan longsor, sehingga nanti bisa di atasi dengan adanya tanaman ini,” kata Kapten Joni.

AKP Julianson yang menerima bantuan itu mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun menjadi tanggung jawab bersama.

“Terimakasih kepada Koramil 01/Pyk atas bantuan bibitnya, kami akan budi dayakan dan diharapkan nantinya bisa bersama-sama lagi menanamnya di tempat-tempat rawan longsor,” kata Kapolsek AKP Julianson.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan menyatakan, bahwa penyerahan bibit akar wangi ini merupakan hasil koordinasinya dengan Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Fery S Lahe terkait rencana budi daya bibit akar wangi dalam rangka mitigasi bencana.

Menurut Dandim Letkol Fery, vetiver adalah tanaman dari golongan rumput yang memiliki akar yang sangat dalam dan masif, panjangnya dapat mencapai 3-4 meter dan dipercaya mampu mengikat tanah dan sulit dihanyutkan oleh arus yang deras.

“Kita berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan Polres Payakumbuh. Bagus kan kita dengan Polres sama-sama membudidayakan akar wangi ini, sehingga nantinya sama-sama bisa manfaatkan untuk mencegah longsor di wilayah hukum kita”, ujar Dandim.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *