Oknum Dosen Terlibat Kasus Pelecehan Seksual Resmi Ditahan Polda Sumbar

TNS – Oknum Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) berinisial FY (29) resmi ditahan Polda Sumbar. Dirinya akhirnya berstatus tersangka karena terlibat kasus pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi di Kota Padang, Sumatera Barat.

Sebelum ditahan, tersangka memenuhi panggilan penyidik untuk dimintai keterangan, Jumat (29/2). Pemeriksaan berlangsung 15 jam di ruang pelayanan perempuan dan anak Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Barat.

Dalam pemeriksaan, tersangka dicecar berbagai pertanyaan oleh penyidik. Ini kali pertamanya FY dipanggil usai ditetapkan sebagai tersangka. Pihak kepolisian menetapkan status dosen sebagai tersangka setelah dilakukan gelar perkara.

Kabid Humas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik mengatakan setelah memenuhi unsur bukti, tersangka langsung dilakukan penahanan badan. Tersangka telah mendekam di sel tahanan.

“Oknum dosen sudah ditahan ya. Pemeriksaan kemarin sampai malam sekitar pukul 12 malam,” ujarnya.

Kombes pol Satake Bayu mengatakan tahap pertama tersangka akan ditahan 20 hari ke depan. Dalam kasus ini, tersangka dijerat tindak pidana pencabulan dengan pasal 289 dan pasal 294 KUHP.

“Tersangka terancam pidana penjara di atas lima tahun,” katanya.

Seperti diketahui, kasus pelecehan seksual yang dialami mahasiswi ini dilaporkan ke Polda Sumatera Barat tanggal 15 Januari 2020 dengan nomor: LP/17/I/2020/SPKT-BR. Usai laporan ini masuk, pihak kepolisian kemudian melakukan penyelidikan.

Peristiwa dugaan pelecehan seksual ini diduga terjadi di lingkungan kampus. Aksi pelecehan oknum dosen kepada mahasiswi itu dilakukan di toilet salah satu gedung fakultas saat unit kegiatan mahasiswa.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *