Bhayangkari Sijunjung Buat Pupuk Kompos Rumahan

TNS – Ada yang menarik di Polres Sijunjung tadi siang, ibu-ibu yang tergabung dalam Bhayangkari Cabang Sijunjung ini, ternyata tengah mendemonstrasikan pembuatan pupuk kompos untuk rumahan.

Ini diperagakan langsung oleh istri Kapolres Sijunjung, yang merupakan Ketua Bhayangkari Cabang Sijunjung, Ny. Ratna Driharto, Sabtu (1/2) di Mapolres.

Dalam kegiatan demo tersebut, dihadiri oleh seluruh Ketua Bhayangkari Ranting sejajaran Cabang Sijunjung, yang saat itu juga bertepatan dengan kegiatan bulanan arisan Bhayangkari.

Terlihat, Ketua Bhayangkari Cabang Sijunjung mendemokan pembuatan pupuk kompos yang bahannya terbuat dari sisa makanan, seperti sayuran, air cucian beras dan buahan, serbuk gergaji, serta bahan lainnya.

Ada juga campuran dari air gula, tape (tape beras atau ubi). Kemudian wadah penampung yang dipergunakan yakni drum bekas atau ember.

“Pupuk kompos ini sangat berguna untuk menyuburkan bunga, sayuran, terutama sekitar pekarangan rumah tempat tinggal dan lain sebagainya,” kata Ratna Driharto dihadapan para Bhayangkari.

Kegiatan ini, merupakan program dari istri Kapolda Sumbar (Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar), Ny. Yesika Toni, dimana dari diri sendiri bisa untuk berhemat sambil menghijaukan lingkungan sendiri.

Dengan adanya pembuatan pupuk kompos rumahan, diharapkan Bhayangkari dapat menggunakannya untuk pribadi, maupun membantu masyarakat, khususnya petani.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *