Di Kantor Wali Nagari Lubuk Tarok, Polisi Berikan Sosialisasi Penanggulangan Curanmor dan Lakalantas

TNS – Polsek Lubuk Tarok Polres Sijunjung, tadi pagi menggelar sosialisasi “Penanggulangan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) dan Laka Lantas di kantor Wali Nagari Lubuk Tarok, Rabu (15/1).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Lubuk Tarok, Ipda Sakri dan Kanit Binmas Bripka Iswahyudi serta Bhabinkamtibmas Nagari Lalan Brigadir Randi Rahman.

Dihadapan Ninik Mamak, tokoh masyarakat, pemuda, perwakilan Bundo Kandung yang hadir, Ipda Sakri menerangkan pasal 480 KUHP dan penyuluhan tentang Harkamtibmas khususnya, bahaya pencurian kendaraan bermotor dan Laka Lantas di Pasar Lubuk Tarok.

“Diharapkan kepada peserta sosialisasi yang hadir, agar jangan membeli kendaraan tanpa dimiliki dokumen yang lengkap (BPKB, STNK), baik kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kanit Reskrim juga menyampaikan bahaya narkoba dan maraknya peredaran narkoba yang telah memasuki para generasi muda ataupun millenial.

“Pintu gerbangnya adalah maraknya anak-anak yang candu lem dan perokok. Maka mari kita awasi sehingga mencegah anak-anak kita dari hal tersebut,” ajak Ipda Sakri.

Kemudian, dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Kalau menggunakan sepeda motor, jangan lupa pakai helm. Ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tuturnya.

Sewaktu pelaksanaan sosialisasi, Wali Nagari Lubuk Tarok, Zuriatman sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh pihak kepolisian.

“Kalaulah tidak ada yang membeli kendaraan bermotor yang tidak memiliki dokumen alias surat-surat, berarti peluang bagi pencuri kendaraan bermotor makin sempit untuk mengedarkanya. Otomatis si pencuri tidak akan mengambil kendaraan orang,” ungkap Wali Nagari.

Terhadap generasi millenial, Zuriatman berharap masyarakat semua saling menyampaikan kepada anak cucu dan kemenakan untuk menghidari yang dapat merusak mental demi masa depan yang kita harapkan.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *