Terlibat Prostitusi, Polda Sumbar Tangkap Ibu dan Anak di Padang

TNS – Kepolisian Daerah Sumatera Barat, mengungkap adanya praktek prostitusi yang berkedok rumah kosan di jalan Adi Negoro, Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Tersangka diketahui dua orang yang merupakan ibu dan anak, dengan perannya sebagai mucikari. Kedua tersangka berinisial H (54) dan D (30)

Selain kedua pelaku, polisi juga mengamankan tiga orang wanita yang mana satu di antaranya masih di bawah umur. Ketiganya ditetapkan sebagai korban atas kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Dirreskrimum Polda Sumbar Kombes Imam Kabut Sariadi,
S.Ik mengatakan, untuk pelaku H berperan sebagai mami. Dirinya mengendalikan operasional bisnis prostitusi dan menerima semua hasil uang.

“Sementara, anak berinisial D berperan sebagai pencari wanita dewasa maupun anak di bawah umur. Para wanita itu dicari untuk dipekerjakan melayani lelaki hidung belang,” kata Kombes Pol Imam.

Dirreskrimum menyebutkan, pengungkapan kasus prostitusi ini menindaklanjuti laporan masyarakat. Kemudian pihaknya melakukan pendalaman hingga dilakukan penggerebekan pada Jumat 10 Januari 2020.

“Kami amankan dua orang sebagai otak pelaku dari bisnis prostitusi itu yang merupakan ibu dan anak,” ujarnya.

Selain tersangka dan korban, polisi juga menyita barang bukti uang tunai sebesar Rp 219 ribu, pil KB, pakaian dalam dan KTP.

“Terhadap kedua ibu dan anak yang telah kami tetapkan tersangka, akan dijerat dengan tindak pidana Undang-undang Perlindungan Anak. Di antaranya Pasal 76 jo Pasal 88 UU Nomor 35 tahun 2014 dan pasal 2 jo pasal 17 UU Nomor 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang,” pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *