Kapolsek IV Koto Beri Pembekalan Parik Paga Nagari Malalak Barat

TNS_Parik paga dalam nagari di Sumatera Barat adalah unsur dari pemuda di nagari yang berfungsi di bidang ketentraman dan keamanan. Amannya suatu nagari adalah berkat daripada eksis kelompok ini menjaga kampung halaman atau nagari mereka.

Tahu bahwa untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah tengah masyarakat fungsi parik paga ini tak dapat di abaikan, oleh sebab itu Kapolsek IV Koto Iptu Dedi Kurnia mencoba memanfaatkan unsur ini dengan memfungsikan mereka secara maksimal pada saat menjadi pemateri dalam rangka pembekalan parik paga nagari Malalak Barat kecamatan Malalak Kabupaten Agam pagi tadi. kamis (12/12/2019) sekira pukul 10.00 Wib.

Kapolsek IV Koto dalam pembekalannya menyampaikan parik paga merupakan perpanjangan tangan pihak kepolisian dalam menjaga kamtibmas di nagari.Dalam menjalankan tugas, parik paga harus melakukan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan wali nagari .

“Saat ini satu nagari telah memiliki satu orang Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Mereka siap memberikan bantuan kepada nagari tersebut,” ucap Iptu Dedi Kurnia.

Ada beberapa pesan yang disampaikan oleh Kapolsek IV Koto dalam memberikan pembekalan kepada para peserta pelatihan yaitu terkait Kamtibmas, diantaranya agar parik paga berperan aktif bahu membahu bersama Polisi untuk menciptakan lingkungan yang bebas dari kejahatan, termasuk bebas dari kejahatan Terorisme atau Paham Radikal, kejahataan 3C (curat, curas, curanmor ), penyalahgunaan narkoba dan tindak kejahatan lainnya.

Kapolsek IV Koto menambahkan, pari paga ini memiliki tugas untuk menjalankan segala macam bentuk kegiatan dalam rangka menjaga kamtibmas di nagari. Selain itu, parik paga berperan aktif menjaga dan mengawal semua peraturan nagari (Perna) yang sudah disepakati bersama, menjaga semua aset nagari dan lainnya. Pungkas Iptu Dedi Kurnia.  (MasY/Humasresbkt).

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *