Polda Sumbar Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

TNS – Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (13/11) di Masjid Mapolda Sumbar.

Kegiatan Maulid Nabi ini dibuka oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, SH. MM, dengan dihadiri oleh pejabat utama Polda Sumbar, dan personel dilingkungan Polda Sumbar.

Wakapolda dalam sambutannya mengatakan, setiap kali memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ada dua hal utama yang penting. Pertama, kita mengenang kepribadian dan akhlak rasulullah yang mulia, kita mengenang perjuangan beliau yang amat berat untuk membangun karakter umat, membangun bangsa dan negara, demi terwujudnya akhlakul karimah yang bermoral dan bermartabat.

Yang kedua, mencontoh dan meneladani apa yang telah dilakukan dilakukan oleh Rasulullah. Manusia amat kecil dihadapan Allah SWT, kita semua manusia juga sangat jauh dari apa yang dimiliki dan yang dilakukan oleh Rasulullah.

“Oleh karena itu, kita perlu terus menyempurnakan kepribadian kita dari hari ke hari, dari waktu ke waktu, dan kita harus terus berupaya meneladani apa yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah”, ujar Wakapolda membacakan amanat Kapolda.

Hendaknya kita juga bersyukur, karena kita dapat melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, dalam rangka mengenang kembali, menghormati dan meneladani kepribadian dan kepemimpinan Rasulullah.

“Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin umat islam di dunia, belum ada tandingannya. Barangkali tidak pernah ada pemimpin se-agung, se-mulia rasulullah”, katanya m

Rasulullah dalam melaksanakan perubahan atau yang sekarang kita kenal dengan transformasi, maka beliau melakukan perubahan itu dengan komitmen sabar, ikhlas dan bertanggung jawab. Tetap bertekad dengan semangat yang tinggi mengubah norma-norma yang jahiliah menjadi norma-norma yang berakhlakkul karimah.

Beliau mengajak semua umat untuk tidak menunjukkan sikap-sikap yang radikal, beliau tidak melancarkan perang, kecuali jihad untuk mempertahankan diri, jihad di jalan Allah SWT. Dengan cara dan kiat yang beliau lakukan tersebut, maka sejarah mencatat bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa dan negara yang beliau pimpin adalah mewujudkan perdamaian, memiliki integritas kepribadian, bangsa dan negara yang rohmatal lilalamin.

Melalui program promoter Polri yang sedang gencar dilaksanakan, hal tersebut merupakan tekad Polri untuk menjadi instansi pemerintah yang dipercaya masyarakat dengan mengedepankan profesional, modern dan terpercaya.

“Untuk itu melalui peringatan maulid nabi besar Muhammad SAW tahun 1441 H/2019 M ini, saya menghimbau kepada seluruh anggota Polri dan PNS Polda Sumbar, untuk terus meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, mentauladani akhlak nabi Muhammad SAW, dalam melaksanakan tugas dan amanah yang kita emban, serta membangun kehidupan berkeluarga, berbangsa dan bernegara, sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh rasulullah SAW yaitu bangsa dan negara yang baldhatun thoyyibatun, warobbun ghofur”, pungkasnya.

Selanjutnya, pemberian santunan kepada anak yatim piatu oleh Wakapolda Sumbar dan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh ustadz Safwan.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *