Polda Sumbar Siap Sukseskan Tour de Singkarak (TdS) 2019

TNS – Mulai esok hari, Sabtu tanggal 2 November hingga 10 November akan berlangsung event Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Event TdS merupakan event internasional yang ke 12 diselenggarakan, yakni balap sepeda yang diikuti oleh peserta dari mancanegara dan dari lokal (Indonesia). Dengan melewati beberapa wilayah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat.

Namun pada tahun ini, wilayah Provinsi Jambi juga masuk dalam lintasan TdS, yakni di Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Sungai Penuh.

Demi lancarnya Tour de Singkarak ini, pihak kepolisian (Polda Sumbar) telah mempersiapkan segala keperluan selama event tersebut berlangsung. Mulai dari pengamanan, hingga pengawalan.

“Kita siap, 99,99 % sudah final dalam artian untuk tugas pokok kami (Polri)”, ucap Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Sumbar, Kombes Pol Firly RS di Mapolda, Jumat (1/11).

Terkait hal lainnya, Polda Sumbar akan berkerja sama dengan pihak lain seperti Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pemasaran untuk melakukan kegiatan terkait.

Dikatakannya, dalam event Tour de Singkarak tahun ini, pihaknya akan menurunkan sebanyak 8.251 personel gabungan dari Polri, TNI, serta instansi terkait lainnya untuk melakukan pengamanan.

“Dari Polri (Polda dan Polres jajaran) ada 4.900 personel”, ujar Kombes Pol Firly menambahkan.

Lanjut Karoops, perlu disampaikan bahwa masyarakat Sumatera Barat harus bangga karena penilaiannya, ini disebabkan setiap tahun jadi event karena destinasinya baik dan pengamanannya juga baik.

“Untuk itu, masyarakat jangan terlena. Dan supaya dipertahankan keamanannya yang kondusif untuk para atlet pembalap sepeda tersebut”, terangnya.

Karoops juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Sumbar, untuk bersama-sama berpartisipasi sehingga Tour de Singkarak berjalan sukses.

“Saat ada imbauan kepada masyarakat untuk tidak menghalangi atau pemberhentian akses jalan, tolong sama-sama di mengerti”, ajaknya.

Kepada masyarakat yang hendak melihat balapan sepeda Tour de Singkarak tersebut, Kombes Pol Firly pun mempersilahkannya.

“Disitu bisa belajar bagaimana atlet kita (balap sepeda) bisa menjadi atlet internasional”, pungkasnya.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *