Polresta Padang Gelar FGD Penanggulangan Karhutla

TNS_Polresta Padang gelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Tuah Sakato Polresta Padang tentang Karhutla, Selasa (8/10/2019) pagi kemarin.

Hadir sebagai narasumber Ketua BPBD Kota Padang N. Sugana dan dari Kadis Kehutananan M.GO. Senatung, sementara narasumber dari Polresta Padang yaitu Kasat Resrim yang diwakili Kanit Tipiter Ipda Syahwal  serta Kasat Binmas Kompol Darto.

Dalam kegiatan itu juga hadir dari instansi terkait dan jajaran Polresta Padang, dalam FGD yang digelar tersebut narasumber menyampaikan cara penanggulangan Karhutla yang harus  dimulai dari mengantisipasi secara dini, karena Kebakaran hutan dan lahan dapat menimbulkan kerugian dari aspek ekonomi hingga kesehatan.

Mengantisipasi dimulai sejak dini, diantaranya dengan memetakan wilayah yang menjadi titik rawan Kebakaran hutan dan lahan, kemudian dilakukan penegakan hukum yang tegas pada pembakar hutan dan lahan.

Mari kita lakukan upaya preventif dan preemtif secara maksimal, upaya preemtif dengan cara pemetaan titik rawan Hotspot, melakukan imbauan, sosialisasi kepada masyarakat dan perusahaan.

Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Darto menuturkan,“Koordinasi dengan instansi lain dan melibatkan peran Bhabinkamtibmas serta tokoh masyarakat adalah langkah utama dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, ujarnya.

Narasumber juga mengajak kepada seluruh peserta FGD dan segenap elemen masyarakat untuk bersinergi, bersatu bahu membahu untuk sama-sama memberikan solusi bagi permasalahan karhutla serta menjadikan wilayah Kota Padang bebas dari kebakaran hutan dan lahan.(*)

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *