Polres Bukittinggi Adakan Seleksi POCIL di MIN Gulai Bancah

TNS_Kepolisian Resor Bukittinggi melalui Satlantas melanjutkan kembali program penjaringan Polisi Cilik (POCIL) untuk menanamkan rasa disiplin dan taat akan aturan. Untuk pagi ini dilakukan seleksi di sekolah MIN Gulai Bancah. Rabu(09/10/2019).

Kasat Lantas AKP M.Rizky Cholid,SIK melalui Kanit Dikyasa IPDA Yasliman,S.Sos selaku pelatih Pocil Polres Bukittinggi mengatakan, tujuan program tersebut membentuk karakter kedisiplinan diri pribadi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Sedangkan untuk murid di MIN Gulai Bancah telah terpilih yang memenuhi syarat sebanyak 86 murid dan selanjutnya akan dilakukan seleksi ke tahap berikutnya untuk menentukan yang terbaik. Dan pemilihan tersebut dilakukan di dalam ruang kelas 4 dan 5 MIN Gulai Bancah yang didampingi oleh Kepala Sekolah dan Guru SD kelas 4 dan 5.

Ia menjelaskan bahwa peserta polisi cilik bukan hanya dididik pintar baris-berbaris saja, melainkan bertujuan membentuk karakter anak-anak sejak dini agar berdisiplin.

Berbudi pekerti yang baik, cerdas, kuat, dan pembinaan kesadaran hukum, serta menanamkan mental kedisiplinan kepribadian sejak dini.

“Untuk menjadi polisi cilik, salah satu syarat harus berbadan sehat, percaya diri, dan bersedia mengikuti latihan. Selain mendapat teori ilmu kepolisian, para polisi cilik itu juga nantinya akan dilatih baris-berbaris, membentuk formasi, dan pengaturan lalu lintas,” ucap IPDA Yasliman,S.Sos.

Kapolres Bukittinggi mengharapkan peran serta para orangtua peserta polisi cilik agar tidak perlu khawatir karena anak-anak yang terpilih menjadi polisi cilik tidak akan digembleng dengan cara-cara kemiliteran. Instruktur akan tetap memperlakukan dengan kasih sayang layaknya kepada anak sendiri.

Harapan kami, melalui program Polis cilik ini, bisa muncul pemimpin masa depan yang siap berdaya guna. demikian AKBP Iman Pribadi Santoso,SIK mengakhirinya.

(MasY/Humasresbkt).

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *